spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Menanam Inspirasi: Kisah Karyawan Pupuk Kaltim Merintis Pertanian Hidroponik

BONTANG – Ketika pertama kali bergabung menjadi karyawan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) pada tahun 2008, tak pernah terlintas di pikiran Ali Luthfi bahwa ia akan tertarik untuk menjadi petani. Namun berbekal pengalaman bekerja di Pupuk Kaltim yang membuatnya sering bersinggungan dengan industri pertanian, pria kelahiran Demak, 8 Februari 1986 ini sukses merintis Bara Farm, pertanian hidroponik buah dan sayuran di Bontang, Kalimantan Timur.

“Sebenarnya saya tidak punya pengetahuan tentang bertani. Tapi saya memang selalu tertarik dengan pertanian, apalagi saya bekerja di Pupuk Kaltim. Awalnya saya mencoba hidroponik untuk memanfaatkan waktu luang. Kebetulan, halaman belakang rumah saya juga bisa dimanfaatkan. Saya mulai menanam sayur dan buah seperti kangkung, pakcoy dan melon. Ketika panen, saya bagikan ke tetangga dekat rumah agar bisa sama-sama menikmati,” ujar pria yang saat ini menjabat sebagai AVP Pemeliharaan Bangunan dan Sarana Pupuk Kaltim.

Tahun 2017 lalu, sebelum Bara Farm lahir, Luthfi lebih dulu mencoba peruntungan menjadi petani konvensional. Tapi sayangnya, karena pengetahuannya tentang bertani masih minim, dalam waktu dua tahun, Luthfi tidak berhasil mengembangkan usahanya. Tak patah semangat, di tahun 2019 Luthfi mencoba peruntungan dengan bertani menggunakan sistem hidroponik. “Saya mulai membangun greenhouse ukuran 6×6 meter yang saya tanami sayur dan melon. Ternyata pelan-pelan mulai berkembang, sampai saat ini saya mengelola lima greenhouse melon dan tiga greenhouse sayur. Saat ini, saya dibantu istri dan tim sedang mempersiapkan tambahan enam greenhouse lagi untuk melon.

Baca Juga:   Wapres Terjun ke Lokasi, PKT Tancap Gas Garap Pembangunan Pabrik Papua Barat

Alhamdulillah, sekarang ini Bara Farm bisa menghasilkan hingga rata-rata 30-50 kilogram sayuran per hari dan 1,5-2 ton melon per bulan,” tambah Luthfi.

Luthfi selalu bisa menyeimbangkan waktu dan perannya sebagai karyawan Pupuk Kaltim dan petani hidroponik. Apalagi, ia selalu mendapatkan dukungan dari rekan kerjanya di Pupuk Kaltim untuk terus mengembangkan usahanya. Luthfi pun selalu berusaha berbagi ilmu dengan petani-petani muda di sekitar wilayah domisilinya. Banyak generasi muda yang tertarik mengikuti jejak Luthfi dan berguru ke Bara Farm. Semua diterima Luthfi dengan tangan terbuka.

“Alhamdulillah, saat ini Bara Farm sudah cukup dikenal di Kalimantan Timur. Saya juga selalu berusaha meluangkan waktu berbagi ilmu pertanian hidroponik dengan calon-calon petani muda di Kalimantan Timur. Operasional Bara Farm juga membuka pintu rezeki pekerjaan bagi banyak orang. Karena itulah, lewat Bara Farm, saya mendapatkan penghargaan sebagai Duta Petani Milenial Kalimantan Timur dari Kementerian Pertanian selama dua tahun berturut-turut,” kata Luthfi.
Menjalankan usaha tani hidroponik tentu bukan tanpa tantangan. Itu juga yang dirasakan Luthfi, bahkan sampai saat ini. Salah satu tantangan terbesar adalah biaya investasi. Tapi dengan ketekunan, Luthfi bisa keluar dari kesulitan dengan mengutamakan konsistensi dalam mutu panen. Selain itu, Luthfi juga terus memacu diri untuk menciptakan inovasi yang positif, terutama soal pemasaran.

Baca Juga:   Gelar Wet Drill Training, Pupuk Kaltim Pastikan Kesiapan Personel Pelabuhan Sesuai Standar OSCP

Di saat banyak petani bergantung pada off taker, Bara Farm langsung menjual kepada sekitar 500-700 pelanggan tetap sambil juga memperluas lini penjualan dengan berkolaborasi dengan reseller di Samarinda, Balikpapan dan Sangatta. Semua dilakukan demi memastikan pelanggan menerima produk Bara Farm dengan kondisi dan kualitas terbaik.

Meski sudah meraup sukses dari Bara Farm, Luthfi tetap tak melupakan peran utamanya sebagai karyawan Pupuk Kaltim. Menurut Luthfi, salah satu kunci sukses Bara Farm adalah prinsip work-life balance yang selalu menjadi budaya kerja di Pupuk Kaltim. Dampak positifnya, Luthfi masih memiliki cukup waktu untuk berkegiatan positif di luar jam kerja.

“Terima kasih pada Pupuk Kaltim telah memberikan kesempatan saya untuk membesarkan Bara Farm. Semoga yang saya lakukan bisa menginspirasi insan Pupuk Kaltim yang lain. Saya dan banyak karyawan Pupuk Kaltim yang bisa merintis usaha, kami adalah produk-produk pengelolaan sumber daya manusia yang baik di Pupuk Kaltim,” lanjut Luthfi.

Sementara itu, Direktur Utama Pupuk Kaltim, Budi Wahju Soesilo, sangat mengapresiasi upaya karyawan Pupuk Kaltim yang bisa memaksimalkan potensi diri dan menjadi inspirasi bagi masyarakat sekitar. “Sejalan dengan tema HUT Pupuk Kaltim ke-47 tahun ini, Inspiring Generations, Creating Opportunities, kami selalu mendukung insan Pupuk Kaltim untuk berkreasi dan berkarya dalam banyak bidang yang bisa memberi perubahan positif bagi masyarakat. Saya mengapresiasi usaha dan kerja keras Luthfi Luthfi lewat Bara Farm yang berhasil menciptakan lapangan pekerjaan dan menghasilkan produksi pertanian yang bermanfaat bagi masyarakat. Semoga yang dilakukan Luthfi dan Bara Farm bisa menginspirasi lebih banyak lagi insan Pupuk Kaltim untuk menjadi saluran keberkahan bagi masyarakat,” pungkas Soesilo.

Baca Juga:   Pacu Dekarbonisasi di Industri Pupuk, PKT Targetkan Tekan Emisi Karbon hingga 38% di 2040

***
Tentang Pupuk Kaltim
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) merupakan salah satu anggota PT Pupuk Indonesia (Persero) dan menjadi produsen pupuk urea terbesar di Asia Tenggara. Pupuk Kaltim memiliki visi menjadi perusahaan di bidang industri pupuk, kimia dan agribisnis kelas dunia yang tumbuh dan berkelanjutan.

Saat ini, Pupuk Kaltim memiliki 13 pabrik, di antaranya 5 pabrik amonia berkapasitas 2,74 juta ton/tahun, 5 pabrik urea berkapasitas 3,43 juta ton/tahun dan 3 pabrik NPK berkapasitas 300 ribu ton/tahun.

Kinerja Pupuk Kaltim pun telah diakui oleh berbagai kalangan dan instansi, terbukti dengan raihan ragam penghargaan selama 45 tahun berkiprah. Untuk ketujuh kalinya, akhir 2023 Pupuk Kaltim sukses mempertahankan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) Nasional Peringkat Emas.

Pertengahan 2023, Pupuk Kaltim meraih peringkat pertama dunia di penilaian ESG Risk Rating Sustainalytics.

Untuk Informasi lebih lanjut, hubungi:
Rezha Abdillah
Komunikasi Korporat PT Pupuk Kalimantan Timur
rezha.abdillah@pupukkaltim.com

Yetta Angelina
Artemis Indonesia
Konsultan Komunikasi PT Pupuk Kalimantan Timur
yetta@artemishub.id (*)

Most Popular