spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Golkar Rebut 7 Kursi, Neni Moerniaeni: Bismillah, Maju Pilwali Bontang!

BONTANG – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang digelar November 2024 mendatang, sejumlah partai politik (parpol) sudah mulai ancang-ancang untuk mengusung calonnya. Sejumlah nama pun sudah mulai beredar di masyarakat.

Meski tahapan Pemilu 2024 belum selesai, namun setidaknya parpol telah memiliki gambaran jumlah kursi yang akan direbut, merujuk hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara yang dilaksanakan KPU di seluruh Kabupaten Kota se-Kaltim.

Di Bontang, dipastikan Golkar akan merebut 7 kursi dari 25 kursi di parlemen. Syarat partai atau gabungan partai untuk bisa mengajukan calon kepala daerah, telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah.

Parpol harus memiliki 20 persen dari jumlah kursi atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah. Karena DPRD Bontang memiliki 25 kursi, maka minimal parpol harus memiliki 5 kursi untuk bisa mengajukan calon.

Dari hasil rekapitulasi KPU di tingkat Kota tersebut, Golkar, satu-satunya parpol yang bisa mengusung calon tanpa harus berkoalisi. Sementara parpol lain masing-masing PKB 4 kursi, Gerindra 3 kursi, PDIP 3 kursi, PKS 2 kursi, Nasdem 2 kursi, PAN 2 kursi, Demokrat 1 kursi, dan Gelora 1 kursi.

Baca Juga:   Intensitas Banjir di Kelurahan Gunung Elai Mulai Turun, Begini Cara Mengatasinya!

Bahkan, Golkar sepertinya yang paling siap dengan calon yang akan diusungnya. Jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan Pemilu 2024, Golkar juga sudah merilis 12 nama bakal calon (bacalon) yang disiapkan untuk Pilkada 2024.

Dari informasi yang dihimpun Media Kaltim, 12 nama tersebut sudah disepakati dalam rapat pleno DPD I Golkar Kaltim yang dihadiri seluruh pengurus Golkar Kaltim.

Dua belas nama tersebut dinilai merupakan kader-kader terbaik untuk menghadapi kontestasi demokrasi tahun 2024. Adapun 12 nama tersebut yakni:

• Rudi Masud: Bacalon Gubernur Kaltim

• Neni Moerniaeni: Bacalon Walikota Bontang

• Jaffar Abdul Gaffar: Bacalon Walikota Samarinda

• Meiliana: Bacalon Walikota Samarinda

• Rahmad Masud: Bacalon Walikota Balikpapan

• Andi Harahap: Bacalon Bupati Penajam Paser Utara

• Syarifah Masitah: Bacalon Bupati Paser

• Ahmad Saiful Acong: Bacalon Bupati Kutai Barat

• Hasanuddin Masud: Bacalon Bupati Kutai Kartanegara

• Kasmidi Bulang: Bacalon Bupati Kutai Timur

• Syarifatul Syadiah: Bacalon Bupati Berau

• Yohanes Avun: Bacalon Bupati Mahakam Ulu

Baca Juga:   Penipu Bermodus Jual Motor Bekas Ditangkap

Dikonfirmasi, Wali Kota Bontang Periode 2016-2021 Neni Moerniaeni menyatakan kesiapannya untuk maju di Pilkada Bontang 2024.

“Rekomendasi itu memang sudah saya terima beberapa bulan lalu. Insya Allah, kalau memang direkomendasikan, Bismillah, maju Pilwali Bontang!” ucap Neni kepada Media Kaltim, Rabu (6/3).

Soal pendampingnya, Neni mengatakan, pencalonan kepala daerah ini masih akan dibicarakan dalam rapat internal partai. Termasuk soal pendampingnya dan koalisi parpol.

“Membangun Bontang itu harus bersama-sama, tentu kita berharap bisa memiliki visi yang sama,” tuturnya.

Beberapa nama dari partai politik di Bontang, saat ini juga sudah mulai beredar. PKB hampir dipastikan akan kembali mengusung Basri Rase yang saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota Bontang.

Sementara, Najirah, kader PDIP, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bontang, dipastikan juga akan maju di Pilkada Bontang.

Nama-nama lain yang disebut-sebut punya kans besar untuk maju melalui partai politik seperti Agus Haris (Gerindra), Muhammad Irfan (PAN), Bachtiar Wakkang (Nasdem), dan Sigit Alfian yang telah diusung organisasi masyarakat Ikapakarti.

Baca Juga:   Basri Minta Pejabat Baru Laksanakan Tugas dengan Baik dan Profesional

Penulis/Editor: Agus S

Most Popular