spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Program Wolbachia Bakal Merata di Seluruh Wilayah Bontang

BONTANG – Pasca dilaunching 5 September 2023 lalu, program inovasi Nyamuk Wolbachia di Bontang saat ini baru disebarkan di wilayah Kecamatan Bontang Utara. Ke depannya, program wolbachia akan merata di seluruh wilayah Bontang.

Hal itu diungkapkan Kasi Surveilans, Imunisasi, Wabah, dan Bencana Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang, Adi Permana.

Adi menjelaskan, bahwa program wolbachia ini dijalankan dengan meletakkan ember-ember berisi telur-telur nyamuk wolbachia di rumah-rumah yang telah terpilih. Pemilihan rumah pun tidak asal-asalan, lantaran ada beberapa syarat yaitu, di dalam rumah tidak terdapat anak-anak dan lansia.

“Pemilihan tempatnya pun yang teduh, tidak terkena langsung sinar matahari, dan tidak bersemut. Kemudian posisinya pun berukuran 75 x 75 meter agar merata penyebarannya,” ujarnya.

Dikatakannya, kemungkinan di Desember 2023 mendatang, giliran Kecamatan Bontang Barat dan Selatan yang akan menjalani program ini. Tidak terkecuali di kantor-kantor dan perusahaan juga akan dipasang ember-ember berisi telur nyamuk wolbachia.

Dengan meratanya program ini dijalankan di seluruh wilayah, diharapkan penyebaran nyamuk-nyamuk wolbachia yang dihasilkan dari aplikasi ember-ember tersebut akan merata di seluruh wilayah Bontang.

Baca Juga:   Tuntutan Serikat Pekerja di Hari Buruh Internasional Kali Ini

Nyamuk-nyamuk wolbachia ini secara perlahan tapi pasti akan menghabisi populasi Nyamuk Aedes Aegpty penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Nyamuk jantan wolbachia akan mengawani nyamuk betina lokal, anak keturunannya nyamuk wolbachia. Sedangkan nyamuk betina wolbachia dibuat agar tidak bisa bertelur. Hasil dari program ini populasi aedes agypty akan habis berganti dengan Nyamuk Wolbachia yang tidak menyebabkan penyakit apapun,” bebernya. (al)

Most Popular