spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Seleksi Paskibra Beralih ke Kesbangpol, Pendaftaran Via Online

BONTANG – Perekrutan anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tahun 2023 ini berbeda. Pendaftaran dilakukan secara online. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bontang, Sigit Alfian.

Dijelaskan Sigit, sebelum-sebelumnya pendaftaran dan rekrutmen hanya di kota/kabupaten. Namun saat ini dipusatkan melalui pendaftaran online di laman Paskibraka BPIP.

“Pendaftaran online terpusat di paskibraka.bpip.go.id. Kami sudah sebarkan di sekolah-sekolah. Tim pelatihnya tetap dari kodim, dan polres. Penambahan materinya banyak mengarah ke pembinaan Pancasila,” terangnya.

Pendaftaran dan rekrutmen sendiri telah dimulai sejak 18 Februari hingga 3 Maret 2023 untuk tahap seleksi administrasi dan kesehatan. Seleksi parade tanggal 13 Maret-14 Maret 2023. Seleksi pancasila dan wawasan kebangsaan tanggal 20-21 Maret 2023.

Seleksi intelegensi umum tanggal 22-23 Maret 2023. Seleksi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Kesamaptaan 3 April 2023. Seleksi kepribadian (wawancara, penelusuran minat, bakat dan penelusuran rekam jejak di media sosial) tanggal 2 Mei 2023 hingga hasil akhir pada 8 Mei 2023.

Selain melakukan tugas pembinaan dalam empat pilar kebangsaan, Kesbangpol juga saat ini melakukan rekrutmen calon Paskibra 2023. Hal ini sesuai dengan Perpres nomor 51 tahun 2022 tentang Program Paskibraka yang saat ini dinaungi oleh Kesbangpol.

Baca Juga:   PD Salimah Bontang Gelar Sekolah Pra-Nikah dan Pelatihan Perawatan Jenazah

Sesuai perpres, anggota paskibra terpilih nantinya akan menjadi duta pancasila dan pembinaan ideologi pancasila.

“Sesuai perpres baru, mengamanahkan Paskibraka itu di bawah naungan Kesbangpol. Nantinya adik-adik Paskibra akan dijadikan duta pancasila,” kata Sigit Alfian kepada Mediakaltim.com, Sabtu (25/2/2023).

“Akan ada tugas bagi duta Paskibraka. Tugas itu se-Indonesia, semua anggaran sudah dilimpahkan ke Kesbangpol. Kita sudah koordinasi dengan BPIP,” kata Sigit Alfian. (yah)

Most Popular