spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ibu-ibu Bersaing Bikin Empek-Empek, Pelajar Adu Inovasi di Lomba TTG Satimpo

BONTANG – Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Lomba Memasak Empek-Empek dilaksanakan di Kantor Kelurahan Satimpo, Kamis (20/6/24).

Lurah Satimpo, Maryono mengatakan, sebanyak 12 grup mengikuti lomba kreasi empek-empek dengan peserta orang dewasa dan 4 grup mengikuti lomba TTG diikuti oleh pelajar.

Empat peserta TTG tersebut merupakan pelajar SMP dan SMA di kawasan Satimpo. Inovasi yang ditampilkan yakni Kompor Gas Alternatif, Sirup Sehat Rosellale, Pupuk Cair Organik (PCO) Air Beras, dan Alat Merubah Air Laut menjadi Tawar.

Lomba TTG ini menjadi langkah awal mempersiapkan lomba TTG tingkat kota. Menurutnya, lomba ini memerlukan penelitian, pengembangan, dan perekayasaan. Hal itu bertujuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada, ke dalam produk atau proses produksi.

Sementara itu lomba empek-empek dipilih karena produk olahan empek-empek di Kota Bontang dinilai sangat enak, walaupun makanan tersebut berasal dari Palembang.

“Rantauan orang Palembang kan juga ada di sini, tapi empek-empek kita berbeda karena pakai ikan laut,” jelasnya

Baca Juga:   DPMPTSP Sediakan Sapras Khusus Disabilitas

Adapun Satimpo melaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pembuatan empek-empek. Sudah banyak UMKM Bontang yang memproduksi sendiri.

Di akhir acara Kelompok Trifisi menjadi juara pertama dalam ajang kreasi empek-empek. Sedangkan untuk lomba TTG, Sulung Irsyadil Waduudin dan Alfrido Dewangga Alfatih keluar sebagai juara pertama dengan membuat kompor gas alternatif.

Penulis: Syakurah
Editor: Yusva Alam

Most Popular