spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Besok Anggota DPRD Bontang Akan Mengikuti Orientasi

BONTANG – Setelah pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang periode 2024-2029, 15 Agustus 2024 lalu, seluruh DPRD Kalimantan Timur melaksanakan orientasi.

Termasuk 25 anggota DPRD Kota Bontang mengikuti masa orientasi yang dilaksanakan di Swiss-Bell Hotel, Balikpapan selama tiga hari mulai tanggal 3 hingga 5 September 2024.

Kabag Risalah dan Perundang-Undangan DPRD Bontang, Taufiqurrahman mengatakan, isi dari pelatihan atau orientasi ini bersangkutan dengan pendalaman tugas, kegiatan ini juga wajib diikuti oleh seluruh anggota DPRD.

“Pelaksanaannya selama tiga hari, dan besok mereka berangkat untuk anggota dewan yang baru itu wajib untuk ikut,” ujarnya, Selasa (2/9/24).

Disebutkan sebelumnya, tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan pemahaman anggota DPRD dalam menjalankan tugas, fungsi, hak, dan kewajiban sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah. Dengan tiga fungsi DPRD yakni pertama, fungsi legislasi yang diwujudkan dalam membuat peraturan daerah bersama Kepala Daerah. Serta sepenuhnya diatur oleh BKPSDM Provinsi.

Kedua, fungsi anggaran yang dibuat sesuai rencana dan anggaran belanja dan belanja daerah bersama Kepala Daerah. Terakhir, fungsi pengawasan yang diwujudkan dalam peraturan pelaksanaan peraturan daerah dan APBD.

Baca Juga:   Raking Sayangkan APBD-P Bontang Besar Tapi Tak Bisa Turunkan Angka Kemiskinan

“Besok mereka akan melaksanakan orientasi, semoga setelah ini keefektifan mereka dalam berkerja dapat dilaksanakan,” terangnya. (sya/adv)

Editor: Yusva Alam

Most Popular