spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Indeks Profesionalitas ASN Pemkot Bontang Tertinggi se-Kalimantan, Bontang Jadi Pilot Project

BONTANG – Indeks Profesionalitas ASN (IP ASN) Pemkot Bontang pada tahun ini capai Kategori Tinggi yaitu 85,34 poin. Kota Bontang termasuk dalam 11 Instansi Pilot Projects Indeks Profesionalitas ASN.

Nilai IP ASN dari 46 Instansi level pemerintah provinsi, kabupaten dan kota se-Regional Kalimantan. Ini juga kali pertama dalam sejarah profesionalitas ASN se-Kalimantan terdapat 7 instansi yang capai kategori profesionalitas tinggi dengan Bontang sebagai pemuncak-nya.

Kepala BKPSDM Kota Bontang, Sudi Priyanto, melalui Kepala Bidang Penilaian kinerja, Penghargaan, Dokinfo dan Fasilitasi Profesi ASN sekaligus sebagai Pejabat Pengelola IPASN Kota Bontang, Arif Supriyadi mengatakan, bahwa Kota Bontang telah dijadikan sebagai salah satu pilot project atau percontohan program nasional bertajuk “Transformasi Pengukuran Nilai IP ASN Berbasis Meritokrasi” besutan Direktorat Jabatan BKN.

Dalam proyek percontohan tersebut, dari 623 instansi yang tersebar dari kementerian pusat hingga daerah, Kota Bontang dipilih bersama 10 instansi lain se-Indonesia karena dinilai berhasil melejitkan nilai IP ASN instansinya dalam 3 tahun belakangan.

“Tahun 2022 Bontang sempat masuk kategori sangat rendah, Tahun 2023 lalu naik satu strip dan Alhamdulillah tahun ini masuk kategori tinggi. Atas kenaikan yang signifikan inilah BKN melirik Bontang sebagai instansi percontohan,” terangnya.

Baca Juga:   Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Bontang Gandeng Wartawan

Ditanya jurus-jurus jitu peningkatan IP ASN itu, Sudi mengulas peran penting pengumpulan data IP ASN sebagai kuncinya. Sudi mengurai bahwa IP ASN diukur dari 4 Dimensi utama, yakni: Pertama, Kualitas Pendidikan tiap ASN. Kedua, Raihan Target Kinerja tiap ASN. Ketiga, Kompetensi tiap ASN dalam penyelenggaraan tugas-tugasnya dan Keempat, Kedisiplinan tiap ASN dalam mematuhi hak dan kewajibannya sebagai aparatur penyelenggara negara.

“Kami berharap dengan jadinya percontohan, banyak orang yang mau datang ke Bontang, dan mengadaptasi bagaimana Bontang meningkatkan nilai Profesionalitas tersebut,” terangnya.

Penulis: Syakurah
Editor: Yusva Alam

Most Popular