spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bona Fest 2024, Cara Pemkot Tingkatkan Daya Saing UMKM Bontang

BONTANG – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kota Bontang terus mendukung peningkatan UMKM di Kota Bontang. Beragam cara digunakan, salahsatunya dengan menggelar event khusus bagi pelaku UMKM.

Kali ini, DKUMPP mengadakan Bontang Innovation dan Creative Festival 2024 (BONAFest) di Lapangan Sepak Bola Tanjung Laut, Kecamatan Bontang Selatan, Selasa (1/10/24).

Festival ini bertajuk ‘Wujudkan UMKM Naik Kelas dengan inovasi Industri kecil’. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 1 hingga 5 Oktober 2024.

Selain menyuguhkan produk-produk UMKM, berbagai macam hiburan pun diadakan. Mulai dari musik festival, education, dan event-event seperti lomba foto selfie, tari tradisional dan sebagainya pun digelar.

Plt DKUMPP Kota Bontang, Lukman mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan UMKM berdaya saing dengan UMKM yang ada di Indonesia.

“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud dukungan pengembangan ekonomi kreatif di Kota Bontang,” ucapnya dalam sambutan.

Lebih lanjut, ini merupakan wadah untuk pelaku usaha kecil, industri kecil dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memperkenalkan inovasi serta produk kreatif unggulan, dan diharapkan dapat memajukan sektor ekonomi di Bontang.

Baca Juga:   Wali Kota Bontang Raih Penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia 2024

Lebih lanjut, Pjs Wali Kota melalui Sekretaris Daerah Kota Bontang, Aji Erlynawati menyampaikan, kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kota Bontang ke-25 yang merupakan wujud nyata komitmen pemerintah untuk memajukan perekonomian di Kota Bontang.

“Mari kita berkolaborasi bersama, untuk menciptakan produk inovatif yang dapat meningkatkan daya saing baik pasar lokal, nasional, maupun internasional,” harapnya.

Lebih Lanjut, ia menyebutkan slogan UMKM naik kelas harus bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian Kota Bontang, “Saya ucapkan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam penyelenggaraan kegiatian ini,” terang Aji.

Kegaiatan ini dapat terwujud atas kolaborasi yang kuat antar pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat. Sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Di akhir, kegiatan ini dibuka dengan di tanda pemukulan gong bersama jajaran forkopimda.

Editor: Yusva Alam

Most Popular