spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kampung Masdarling di Gunung Telihan Tingkatkan Kualitas Masyarakat

BONTANG – Kampung masyarakat sadar lingkungan (Masdarling) adalah sebuah kawasan di RT 26 Kelurahan Gunung Telihan, Bontang Barat. Kampung Masdarling ini berisi kelompok masyarakat yang mengelola lingkungan untuk membantu meningkatkan kualitas dan perekonomian warga sekitar.

Peningkatan kualitas dan perekonomian dilakukan dengan adanya pelatihan yang sering diadakan di kampung tersebut. Pelatihan yang sudah diselenggarakan berupa pembuatan kerajinan dari barang bekas, pelatihan bidang pertanian dalam pengolahan sayur organic, serta cara membuat pestisida nabati.

Kegiatan di Kampung Masdarling selain untuk ekonomi, juga ditujukan untuk membantu mengelola lingkungan agar terus terjaga. Ketua Kelompok Masdarling Bontang Marsudi Istiyo Wibowo menyatakan, ada 20 produk yang sudah diproduksi oleh Kampung Masdarling.

“Dari hasil pertanian kami ada keripik pare, onde-onde ungu, brownis sawi, dan stik ubi. Ada tahu sutra juga. Produk kami kira-kira ada 20 dan sudah tersandarisasi BRT dan halal. Jadi sebenarnya ibu-ibu selain jualan online juga bisa nitip di Dekranasda Bontang,” ujarnya.

Daerah edukasi yang aktif sejak 2018 tersebut juga baru-baru ini melakukan penanaman bibit buah-buahan di tanah kosong di sekitar Kampung Masdarling. Ada enam jenis bibit buah yang telah ditanam. Yaitu jambu kritsal, jambu delima, mangga madu, manga golek, rambutan, dan durian.

Baca Juga:   Kurangi Angka DBD, Begini Cara Kerja Implementasi Inovasi Wolbachia

Saat ini kira-kira sudah ada 1.000 bibit yang telah ditanam di sekitar wilayah kampung. “Satu setengah tahun lagi mungkin tanaman buah itu mulai berbuah semua. Ditanam di semua tanahnya masyarakat yang kosong, maksudnya orang luar punya kaplingan di sini saya tawari, supaya tidak jadi lahan tidur. Pembagian bibit saya bagi dengan cara undian dengan setiap kaplingan mendapat satu bibit durian, sehingga terserap semuanya,” ujar Marsudi.

Kelurahan Gunung Telihan sangat mendukung kegiatan di Kampung Masdarling. Ke depan akan dibantu untuk pemasangan baliho di pembuka jalan menuju Kampung Masdarling. Kelurahan akan sering bekerja sama dengan kelompok masdarling untuk mengadakan event-event dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi dan kreativitas masyarakat.

“Saya harap warga Bontang dapat membantu memajukan UMKM lokal dengan mengonsumsi dan membeli produk-produk yang dibuat oleh Kampung Masdarling ini. Produk-produk ini lumayan sering dipamerkan di event-event yang ada di Bontang,” pungkasnya. (sc)

Most Popular