spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

100 Pengantaran Kapal ke Beras Basah, Puncak Kunjungan di Hari Senin

BONTANG – Puncak kunjungan tertinggi wisatawan ke Pulau Beras Basah terjadi di Hari Senin (24/4/2023) lalu. Hal ini diungkapkan oleh Hanan, Ketua Asosiasi Kapal Wisata (AKW) Bontang saat dihubungi media ini.

Hanan membeberkan, kunjungan wisatawan ke objek wisata Beras Basah di momen libur lebaran ini dimulai sejak Jumat (21/4/2023) lalu hingga hari ini. Bahkan diprediksi kunjungan terus berlangsung hingga tanggal 30 April mendatang.

Di hari Sabtu (22/4), sebanyak 15 pengantaran pulang-pergi (PP) menuju Pulau Beras Basah. Sementara itu di Hari Minggu (23/4) kunjungan melonjak drastis. AKW mencatat sebanyak 90 pengantaran. Sedangkan di hari Senin (24/4) lebih melonjak lagi hingga mencapai 100 pengantaran kapal.

“Hari Senin paling banyak wisatawan yang ke Beras Basah,” ujar Hanan.

Ia menjelaskan, untuk tarif kapal carter 1 kapal kisaran Rp 550 ribu dengan kapasitas 10 orang ke bawah. Sedangkan tarif untuk kapasitas 11 sampai 20 orang mencapai Rp 650 ribu per kapal.

Sementara kendala yang dihadapi oleh para anggota AKW selama libur lebaran kali ini adalah cuaca yang tidak menentu. Selama meningkatnya kunjungan wistawan ke Beras Basah seringkali angin kencang atau ombak tinggi.

Baca Juga:   Bontang Raih Adipura Kencana, Wawali Apresiasi Pasukan Kuning

“Biasanya kalau angin sedang kencang atau ombak tinggi kami berhentikan dulu pengantaran. Kalau sudah reda baru kembali berangkat. Demi keamanan penumpang kapal,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bontang mencatat jumlah pengunjung Pulau Beras Basah, Senin (24/4/2023) mencapai 2.333 orang. Para wisatawan ini bukan hanya berasal dari Bontang namun juga dari luar Kota Bontang.

Kasi Kedaruratan dan Logistik, Irwan Febrayana menjelaskan, personel BPBD di lapangan mencatat sebanyak 2.333 pengunjung yang terdiri dari wisatawan lokal 1.676 orang dan wisatawan luar Bontang sebanyak 657 orang dari Samarinda, Kutim, Kukar, Banjarmasin, PPU, Paser, Balikpapan, Berau dan Jakarta. (al)

Most Popular