spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

2 Hektar Lahan Gambut di Bontang Lestari Habis Terbakar

BONTANG – Kebakaran kembali menyasar lahan gambut dan semak belukar di Jalan Karya Bakti, Bontang Lestari. Kurang lebih 2 hektar lahan habis terbakar, Senin (22/4/2024) sekitar pukul 18.30 Wita.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Kota Bontang, Amiluddin mengatakan, adanya laporan yang masuk dari warga, bahwa terjadi kebakaran lahan hingga hampir merembet ke pemukiman warga setempat.

“Awalnya kebakaran di lahan, semakin lama api semakin besar dan menjalar mendekati rumah warga. Api kian mendekat akibat lahan gambut dan semak-semak yang telah kering,” ucapnya saat di konfirmasi.

Akibat adanya kebakaran lahan ini, Disdamkartan Bontang menurunkan sebanyak 15 petugas, 1 unit mobil tangki, dan juga 1 unit mobil operasional.

“Waktu yang kami butuhkan untuk pemadaman api pun kurang lebih 1 jam lamanya,” paparnya.

Amiluddin sangat menghimbau kepada seluruh masyarakat, agar tidak sembarang membakar sampah, atau membuka lahan dengan cara membakar. Karena sekarang kondisi sedang ekstrim, dan cuaca panas yang sangat terik mampu memancing timbulnya kebakaran.

“Jangankan membakar, membuang puntung rokok saja di sembarang tempat itu bisa memicu kebakaran. Apalagi dengan kondisi lahan gambut dan semak yang kering, ditambah angin kencang. Pastinya kebakaran sangat cepat terjadi,” tutupnya.

Baca Juga:   Pembangunan Kantor Lurah Berbas Pantai Tertunda, Ini Penyebabnya

Penulis: Dwi S
Editor: Yusva Alam

Most Popular