spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

7 Kendaraan Bahan Bakar Bensin Tak Lolos Uji Emisi

BONTANG – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, Pemkot Bontang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bekerja sama dengan para mitra, mengadakan Uji Emisi Kendaraan Roda Empat pada Hari Senin dan Selasa, 26 dan 27 Juni 2023.

Kegiatan uji emisi kendaraan ini dilaksanakan di dua lokasi yang berbeda yaitu pada hari Senin (26/6) di halaman parkir sebelah Selatan Kantor Wali Kota Bontang, Kelurahan Bontang Lestari pada pukul 08.00 hingga 15.00 WITA dan Rumah Jabatan Wali Kota Bontang pada Selasa (27/6).

Dalam uji emisi tersebut terdapat sebanyak 82 kendaraan berbahan bakar bensin yang mengikuti, namun hanya 75 kendaraan yang berhasil lolos uji. Sedangkan untuk kendaraan berbahan solar terdapat 10 kendaraan dan berhasil lolos uji semuanya.

Diharapkan kegiatan Uji Emisi Kendaraan Bermotor ini akan rutin diadakan setiap tahunnya, untuk mendorong upaya-upaya yang inovatif guna menurunkan konsumsi bahan bakar minyak, sekaligus menekan tingkat laju pencemaran udara.

Kepala Dinas DLH, Heru Triatmojo mengatakan, uji emisi yang dilakukan ini merupakan bentuk pengendalian dan penilaian tingkat kualitas lingkungan hidup, khususnya kualitas udara.

Baca Juga:   Pemkot Bontang Tambah Modal di Bankaltimtara

“Kondisi kendaraan bermotor yang baik tentu akan meminimalkan gas CO2 yang dihasilkan dari kinerja mesin. Sebagaimana kita ketahui, CO2 merupakan salah satu penyumbang efek gas rumah kaca. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, pemkot menghimbau agar masyarakat turut menjaga dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, dengan cara melakukan pemeliharaan kendaraan bermotor secara berkala,” bebernya. (hms)

Most Popular