spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Antisipasi Pohon Tumbang, Disdamkartan Tebang 66 Pohon

BONTANG – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Kota Bontang melakukan penebangan pohon di sepanjang Jalan Cipto Mangunkusumo, hingga di Jalan Oxygen beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang saat cuaca sedang tidak baik, seperti hujan lebat dan juga saat angin kencang.

Penebangan pohon dilakukan mulai Kamis (8/8/2024) lalu, hingga Sabtu (10/8/2024) kemarin, yang dimana ada sebanyak 66 pohon. Untuk pemangkasan dahan ada sebanyak 21 pohon, dan untuk penebangan pohon secara menyeluruh ada 45 pohon.

Kepala Disdamkartan Kota Bontang, Amiluddin menyampaikan, kegiatan ini dilakukan untuk pertama kalinya di tahun 2024, berdasarkan dari evaluasi sebelumnya banyak sekali pohon tumbang saat terjadi hujan deras maupun angin kencang.

“Ada beberapa pohon yang kita tebang habis, dan ada juga pohon yang hanya kita rapikan saja dahannya. Seperti pohon sengon, angsana, ketapang, akasia, bahkan pohon liar,” ucapnya saat di konfirmasi, Minggu (11/8/2024) kemarin.

Bahkan saat penebangan pohon berlangsung, banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang turut serta meliputi PT. Pupuk Kaltim, PT. KIE, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Dinas Perhubungan (Dishub), serta Satlantas Polres Bontang.

Baca Juga:   Jalin Silaturahmi Antar Umat Beragama, Komunitas Delawwa Kreatif Gelar Live Musik dan Bagi Takjil Gratis

“Selain itu ada juga dari pihak camat, kelurahan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, PLN, serta Telkom,” paparnya.

Amiluddin berharap dengan adanya kegiatan penebangan pohon seperti ini, bisa mengurangi bencana yang terjadi. Apalagi sewaktu hujan deras disertai dengan angin kencang.

“Semoga nantinya dengan adanya kegiatan penebangan pohon seperti ini, tidak ada lagi pohon tumbang saat cuaca kurang baik,” tutupnya.

Penulis: Dwi S
Editor: Yusva Alam

Most Popular