spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sekda Bontang Beri Ceramah,Kepemimpinan Berintegritas dengan Nilai Pancasila Jadi Kunci Sukses ASN

SAMARINDA – Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan IV Kota Bontang dimulai dengan kuliah umum yang disampaikan Sekretaris Daerah Kota Bontang, Ir. Hj. Aji Erlynawati, MT.

Dalam ceramahnya yang bertajuk “Etika dan Integritas Kepemimpinan Pancasila”, Aji Erlynawati, yang akrab disapa Iin, berbagi pengalaman selama 32 tahun berkarir di pemerintahan.

Diselenggarakan pada 9 September 2024 di Puslatbang KDOD LAN Samarinda, kegiatan ini diikuti oleh 40 pejabat eselon IV dari berbagai instansi Pemkot Bontang.

Iin tampil santai dengan batik khas Bontang, namun menyampaikan pesan-pesan yang mendalam mengenai pentingnya penerapan nilai-nilai ASN Ber-AKHLAK dalam kepemimpinan sehari-hari. “Pemimpin harus memperkuat etika, bersyukur, dan berbuat baik tanpa pamrih,” tegasnya.

Iin juga membeberkan beberapa strategi agar seorang pemimpin berhasil mengimplementasikan etika dan integritas dalam profesi sebagai ASN.

Menurutnya, strategi tersebut meliputi: (1) Pemimpin perlu memperkuat penerapan nilai-nilai ASN Ber-AKHLAK dalam keseharian; (2) Berbuat baik tanpa pamrih dan meyakini bahwa semua akibat dari perbuatan akan kembali pada diri sendiri; (3) Memperbanyak rasa syukur dalam bekerja.

Baca Juga:   Kasus Covid-19 Naik Lagi, Wali Kota Basri Batasi Perjalanan Dinas

“Apalagi sebagai ASN Pemkot Bontang, yang fasilitasnya sangat mumpuni, baik dari sisi kesejahteraan maupun kemudahan dalam bekerja,” sebut Iin sebagai contoh rasa syukur yang dimaksudnya.

Ceramah yang berlangsung selama kurang lebih dua jam di Auditorium KDOD LAN tersebut dihadiri dengan antusias oleh para peserta.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Pada sesi diskusi, sebagian besar peserta menanyakan kiat-kiat Iin dalam menyikapi lunturnya komitmen ASN di era saat ini, khususnya dalam memaknai kepemimpinan Pancasila.

“Jadikan 7 nilai ASN Ber-AKHLAK sebagai budaya kita! Tanamkan niat kerja yang berorientasi pada pelayanan, harus akuntabel, perbanyak kompetensi diri, lebih harmonis saat bekerja sama dengan orang lain, tetap loyal, wajib adaptif terhadap perkembangan lingkungan global, dan tentunya memperkuat kolaborasi dalam bekerja,” tegas Iin.

Ia menandaskan bahwa menanamkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan profesional sebagai ASN sama dengan mendidik diri untuk menjadi insan yang beretika dan berintegritas sesuai semangat kepemimpinan Pancasila. (adv)

Most Popular