spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BKPSDM Raih Peringkat Pertama PPID Terbaik Kota Bontang

BONTANG – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bontang berhasil meraih peringkat pertama dalam ajang Keterbukaan Informasi Publik tingkat Kota Bontang. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Wali Kota Bontang, Najirah, pada malam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik dan Komunitas Informasi Masyarakat, Selasa (17/9/2024), di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang.

Acara yang diinisiasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bontang ini dihadiri oleh Wawali Najirah, Forkopimda, perwakilan Komisi Informasi Provinsi Kaltim, kepala OPD, lurah, penggiat Komunitas Informasi Masyarakat (KIM), dan admin PPID se-Kota Bontang.

Kepala Dinas Kominfo Kota Bontang, Anwar Sadat, dalam laporannya menyampaikan apresiasi kepada OPD yang telah berhasil mengelola PPID dengan baik. “Pelaksanaan kegiatan pemeringkatan ini dimulai sejak 5 Juli hingga 8 Agustus, diikuti oleh 45 OPD se-Kota Bontang termasuk kelurahan,” ujarnya.

Anwar juga berharap, OPD terbaik dapat mewakili Kota Bontang dalam ajang serupa di tingkat Provinsi Kaltim.

Wakil Wali Kota Bontang, Najirah, dalam sambutannya menegaskan pentingnya keterbukaan informasi publik, untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan dan akuntabel, sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Perda Kota Bontang No. 6 Tahun 2020. “Saya berharap seluruh badan publik di Kota Bontang semakin berkomitmen terhadap keterbukaan informasi untuk meningkatkan kepercayaan publik,” ujar Najirah.

Baca Juga:   Beragam Almamater Pejabat Pemkot Bontang, Berkarya untuk Bangsa dan Negara

Dalam penilaian Keterbukaan Informasi Publik, seluruh OPD melewati beberapa tahap, seperti asistensi, pengisian SAQ/kuisioner, dan visitasi lapangan. Komisi Informasi menilai BKPSDM Kota Bontang memiliki komitmen kuat dalam menyebarkan informasi, baik melalui website, media sosial, portal PPID, serta layanan yang ramah disabilitas.

Kepala BKPSDM, Sudi Priyanto, menyatakan bahwa keberhasilan ini merupakan hasil dari komitmen dalam mengelola informasi publik. BKPSDM juga terus mengembangkan kompetensi pengelola PPID dan memastikan layanan informasi yang akurat, cepat, dan terpercaya. “Kami berharap prestasi ini menjadi pemacu bagi BKPSDM untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan mendukung keterbukaan informasi publik di Kota Bontang,” tutup Sudi. (adv)

Most Popular