spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Area Belakang SMKN 1 Bontang Terbakar, Amiluddin: Hari Ini 7 Titik Kebakaran Lahan!

BONTANG – Kebakaran lahan kembali terjadi untuk kesekian kalinya. Kali ini menyasar area belakang sekolah SMK Negeri 1 Bontang, di Jalan Cipto Mangunkusumo, No.2, Kelurahan Gunung Elai, Kecamatan Bontang Utara, pada Rabu (17/4/2024) sekitar pukul 15.30 Wita.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Kota Bontang, Amiluddin mengatakan, ada informasi masuk dari pihak sekolah terkait kebakaran lahan. Hal ini diduga akibat adanya pembukaan lahan.

“Mendengar laporan masuk, kami langsung bergerak menuju ke lokasi. Karena adanya kebakaran, sehingga membuat panik dan heboh seisi sekolah,” ucapnya.

Pemadaman lahan dilakukan selama kurang lebih satu jam lamanya, bahkan dari Disdamkartan Bontang menurunkan sebanyak 15 petugas dan juga tiga unit armada.

Tidak hanya itu, kendala yang dialami petugas adalah kurangnya stok air, dan lokasi yang cukup curam.

“Karena dekat dengan pemukiman dan juga sekolah, maka kami langsung bergerak cepat. Takutnya api semakin lama semakin menyebar akibat kencangnya angin,” paparnya.

Perlu diketahui, untuk hari ini sudah ada sebanyak 7 titik terjadinya kebakaran, di antaranya meliputi lahan dekat Perumahan BTN PKT, lahan belakang RSUD Taman Husada, dua titik lokasi lahan di Bontang Lestari, dan juga lahan di Sempayang, Guntung.

Baca Juga:   Hendak Dipindah, Pedagang Citra Mas Keluhkan Infrastruktur Pasar

“Sehari ini sudah banyak sekali kejadian kebakaran lahan. Permasalahannya pun sama, akibat adanya pembukaan lahan,” tambahnya.

Karena banyaknya lahan yang terbakar, Disdamkartan akan melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian, bagaimana menyikapi hal tersebut.

“Banyaknya lahan yang terbakar sudah masuk dalam hal yang penting bagi saya,” ungkapnya.

Sehingga, Amiluddin menghimbau agar tidak membakar lahan dengan alasan membuka atau membersihkan. Karena lahan yang kering sangat mudah sekali terbakar.

“Cuaca sekarang ini lagi ekstrim, panas terik. Jadi jangan asal membakar, bahkan membuang puntung rokok ke sembarang tempat pun sudah bisa menyebabkan terjadinya kebakaran,” tutupnya.

Penulis: Dwi S

Editor: Yusva Alam

Most Popular