spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Banyak Manfaat Kesehatan Datang ke Posbindu

BONTANG – Masyarakat Bontang khususnya warga di Loktuan dan Guntung, yang masuk dalam wilayah Puskesmas Bontang Utara II diminta untuk rutin memperhatikan perkembangan kesehatannya dengan datang ke Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu).

Hal itu diungkapkan Kepala Tata Usaha (TU) Puskesmas Bontang Utara II, Yulisda saat diwawancara redaksi.

Yulisda menjelaskan, banyak manfaat bisa didapatkan dengan rutin datang ke posbindu. Salahsatu yang utama adalah dapat mengontrol perkembangan kesehatan diri sendiri.

Di Posbindu sendiri dapat menerima pasien dengan rata-rata usia produktif, yaitu 15 tahun ke atas. Dikatakan Yulisda, dengan mendatangi posbindu, seseorang akan mendapatkan semacam Medical Check Up (MCU) dasar atau biasa disebut screening.

“Dengan screening ini bisa diketahui gejala penyakit yang akan muncul di dalam tubuh. Sehingga orang itu dapat mencegahnya sejak awal,” ujarnya.

Permasalahannya adalah masih banyak masyarakat yang belum memahami fungsi posbindu. Sehingga pihaknya harus memutar otak agar masyarakat bisa datang.

“Dulu yang datang ke posbindu bisa dihitung dengan jari, sedikit sekali. Sekarang kami lakukan jemput bola dengan mendatangi RT-RT. Sekarang sudah lumayan peningkatan jumlah pasiennya,” bebernya.

Baca Juga:   Pemkot Bakal Tingkatkan Kualitas Kesehatan Anak

Namun begitu, pihaknya tetap meminta kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan posbindu ini dengan maksimal, karena kesehatan merupakan faktor utama yang harus diperhatikan.

Dengan terus mengontrol perkembangan kesehatan, maka seseorang dapat mencegah sejak dini penyakit yang akan bersarang di tubuh. (al/adv)

Most Popular