spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Batik Khas Bontang Resmi Diluncurkan Pemkot Bontang

BONTANG – Batik Khas Bontang merupakan suatu produk batik yang merupakan kearifan lokal unggulan. Telah diresmikan oleh Pemkot Bontang, untuk menjadi desain batik andalan Kota Taman, sebutan Kota Bontang.

Kadispopar Bontang, Ahmad Aznem melalui Staf Jabatan Fungsional Adiyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif, M Deddy Arianto menjelaskan, sebelum Batik Khas Bontang ini diresmikan, pihaknya telah melalui proses yang cukup panjang, yaitu dengan mengadakan sayembara desain batik sejak tahun 2022 lalu.

“Sayembara ini berdasarkan Keputusan Wali Kota tentang Desain Batik Khas Kota Bontang Nomor: 188.45/477/DISPOPAR/2022,” sebutnya.

Sayembara desain batik ini dimulai sejak Mei 2022 lalu. Kemudian melalui tahapan seleksi dan penilaian oleh tim juri berkompeten, sehingga dikerucutkan menjadi 5 desain batik terbaik. Lalu dari 5 desain terbaik ini dikolaborasikan oleh tim desain menjadi satu produk yang berdasarkan kearifan lokal, yaitu Batik Khas Bontang.

“Motif terbaik hasil seleksi itu di antaranya motif jala/jaring, burung kuntul perak, mangrove, Sungai Bontang, rakat/bersatu, dan ikan,” imbuh Deddy.

Batik Khas Bontang Resmi Diluncurkan Pemkot Bontang
Para pejabat Pemkot Bontang ikut memperagakan Batik Khas Bontang. (Syakurah/Radarbontang.com)

Ia juga menambahkan, kalau Batik Khas Bontang ini sudah dipatenkan melalui mekanisme hak cipta di Kemenkumham. Sehingga tidak dapat diklaim atau disalahgunakan.

Baca Juga:   Bawa 15 Poket Sabu, Warga Santan Ulu Diciduk Di Tempat Kerja

“Batik Khas Bontang sudah mendapatkan sertifikat Surat Pencatatan Ciptaan bernomor 000447158 di Kemenkumham RI,” ujarnya.

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Bontang bakal melaunching batik khas Bontang Rabu (22/11/2023) malam ini di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang.

Pasca launching nantinya, pihaknya berharap Batik Khas Bontang dapat diaplikasikan ke berbagai macam produk cinderamata. Baik souvenir, desain interior, arsitektur, moda transportasi, atau apapun.

“Silahkan saja terbuka boleh dipakai siapa saja. Diharapkan juga jadi pemberdayaan ekonomi khas Bontang,” pungkasnya.

Filosofi Batik Khas Kota Bontang:

  1. Motif Burung Kuntul Perak adalah burung yang menjadi maskot Kota Bontang. Burung Kuntul Perak merupakan burung pendatang dari suatu daerah yang suka berkelompok dan energik, sesuai dengan ciri khas masyarakat Kota Bontang yang didominasi oleh pendatang, hidup berkelompok, dan pekerja yang energik.
  2. Motif Liukan Sungai Bontang diambil dari sisi positifnya yaitu natural sungai dengan akar mangrove sebagai penahan abrasi, yang bermakna penopang kekuatan Kota Bontang.
  3. Motif Jala/Jaring, yang bermakna sebagai simbol sumber daya manusia yang saling bersatu dan bersimpul menguatkan satu sama lain untuk menangkap dan menyerap makna kehidupan yang saling berkesinambungan antar ras, suku, budaya, dan agama yang berada di Kota Bontang.
  4. Motif 2 (dua) ikan berbentuk lambang tak terhingga, yang bermakna keselarasan Kota Bontang dengan hasil budaya bahari sebagai potensi daerah. (al/adv)
Baca Juga:   PTM Terbatas, Kemenag Bontang Izinkan 5 Madrasah

Most Popular