spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BCC Bakal Kembali Digelar dengan Perubahan Konsep

BONTANG – Event Bontang City Carnival (BCC) akan kembali diadakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bontang Oktober mendatang. Terdapat sedikit perubahan konsep, pada event yang sudah terselenggara beberapa tahun belakangan ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Bambang Cipto Mulyono menjelaskan, bahwa karnival dengan pawai budaya nantinya akan dibedakan.

“Nanti di karnivalnya dulu, jadi mereka tidak  perform, yang perform nanti pawai budaya itu,” jelasnya.

Pawai budaya nantinya akan menggunakan baju adat dan menampilkan beberapa pertunjukkan, lalu karnival menggunakan pakaian yang bersifat kesenian kontemporer. Sistematisnya tetap dilakukan bersamaan, hanya saja penampilannya akan lebih dulu karvinal baru pawai budaya, atau sebaliknya.

Disdikbud sendiri mendapatkan rekomendasi untuk menambahkan kendaraan hias. Namun Bambang tidak dapat menggabungkan, lantaran asap kendaraan yang dapat terkena peserta pejalan kaki di belakang mobil hias.

“Kami sarankan kendaraan hias bisa dilaksanakan untuk event besar lainnya, mungkin saat 17 Agustusan,” jelasnya.

Adapun masukan terkait waktu pelaksanaan, yakni pagi hari seperti tahun lalu, atau malam hari. Dengan banyak pertimbangan disdikbud berharap agar waktu pelaksanaan tetap dilakukan pagi hari.

Baca Juga:   Bogem Peternak, Warga Marang Kayu Diciduk Polisi

“Kalau malam hari seperti beberapa tahun yang lalu itu kurang kondusif, untuk segi keamanan juga kurang. Jadi kami terap rekomendasikan untuk pagi,” tambahnya.

Selain itu, Disdikbud tidak menganggarkan adanya tambahan untuk penerangan jalan. Diskusi dengan Satpol PP juga harus dilaksanakan terlebih dahulu. Tidak bisa langsung memutuskan untuk dilaksanakan malam hari.

Penulis: Syakurah

Editor: Yusva Alam

Most Popular