spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Belum Penuhi Target, Pendaftaran Ulang BLT-UMKM Bakal Dibuka

BONTANG – Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop-UKMP) Bontang bakal membuka pendaftaran ulang berkas penerima Bantuan Langsung Tunai Usaha Mikro Kecil Menengah (BLT UMKM) gelombang kedua. Pendaftaran ini dibuka lantaran jumlah pelaku usaha yang lolos dalam pendaftaran gelombang pertama belum memenuhi target.

Informasi yang dihimpun, ada 4.125 pelaku UMKM yang mendaftar BLT UMKM pada gelombang pertama September 2022. Akan tetapi, hanya 2.010 pelaku usaha yang lolos. Artinya, masih ada 2.115 pelaku usaha yang harus mendaftar ulang.

“Pendaftaran kali ini tidak dibuka untuk pendaftar baru. Melainkan hanya diperuntukkan bagi pelaku usaha yang sudah terdaftar namun tidak lolos berkas pada tahun 2020 dan 2021 lalu,” kata Yusran, Kepala Bidang Koperasi dan UMKM, Diskop-UKMP Bontang, Kamis, 3 November 2022.

Pada gelombang pertama, sambung dia, pendaftaran dibuka selama lima hari, 19-23 September. Namun hasilnya, belum semua pendaftar berhak lolos verifikasi berkas. Beberapa penyebab di antaranya data yang tidak valid, nomor telepon yang salah, alamat tidak sesuai Kartu keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tidak terdaftar, hingga masih memiliki tanggungan di bank.

Baca Juga:   Polres, Kejari dan BNNK Teken MoU, Komitmen Berantas Narkoba

Dalam gelombang kedua nanti, kata Yusran, pihaknya berencana tidak menggunakan lagi Kantor Smart UMKM Center Jalan MT Haryono sebagai tempat pendaftaran. Lokasi tersebut dinilai terlalu sempit. Kemungkinan, lokasinya dipindah ke kawasan Stadion Bessai Berinta. Lokasi ini lebih luas sehingga bisa meminimalisasi terjadinya desak-desakan atau antrean panjang. “Syaratnya, membawa surat undangan, KTP, KK, dan NIB (Nomor Induk Berusaha),” tandas Yusran. (mk)

Most Popular