spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Cuaca Berubah-ubah, BPBD Bontang Himbau Masyarakat Antisipasi Potensi Bencana

BONTANG – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bontang, Usman meminta agar seluruh masyarakat di Kota Bontang bisa mengantisipasi kondisi cuaca yang sedang berubah-ubah.

Berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Usman ingin resiko gangguan bencana alam bisa diminimalisir.

“Kemarin musim kemarau yang dimana suhu udara sangat panas, bisa menyebabkan kekeringan bahkan kebakaran Karhutla. Namun sekarang memasuki musim penghujan. Dengan curah hujan yang tinggi berpotensi bencana banjir,” ucapnya.

Selain itu, memasuki musim hujan dengan curah hujan yang sangat tinggi, bisa menyebabkan terjadinya tanah longsor pada kawasan perbukitan yang kondisi tanahnya tidak stabil, maupun potensi bahaya seperti angin puting beliung.

“Maka dari itu, kami sangat menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tetap memiliki kesiapsiagaan terhadap segala bentuk potensi bencana,” ungkapnya.

Untuk pencegahan terjadinya bencana, masyarakat bisa berupaya melakukan aktivitas seperti gotong royong, dan kerja bakti di lingkungan masing-masing. Serta tak lupa tetap pantau informasi dari BMKG dan informasi resmi di instalasi yang berwenang. Untuk siaga dan waspada dari potensi bahaya baik di wilayah darat maupun laut.

Baca Juga:   Pengurusan Administrasi Warga Satimpo Terpenuhi dengan "Jajanan Malam"

“Selain itu potensi meningkatnya demam berdarah juga dapat menjadi ancaman, jika kita tidak waspada dan siap siaga mencegah terjadinya wabah maupun bencana,” tutupnya.

Penulis: Dwi S
Editor: Yusva Alam

Most Popular