spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dewan Pertanyakan Kenapa Ranah Event BCC di Disdikbud Bukan Dispopar? Ini Jawabannya!

BONTANG – Komisi I dan II DPRD Bontang mengadakan rapat kerja terkait event Bontang City Carnival (BCC) 2023, Senin (16/9/2023) di Ruang Rapat Lantai II DPRD Bontang. Di rapat kali ini mengundang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Bontang.

Pimpinan rapat, Nursalam menjelaskan, bahwa di rapat kerja ini komisi I dan II ingin mempertanyakan mengapa anggaran BCC ini berada di Disdikbud, bukan di Dispopar yang seharusnya lebih sesuai untuk menyelenggarakan event tahunan ini, lantaran dinas yang bergerak di bidang pariwisata.

“Kalau menurut kami BCC itu berhubungan dengan pariwisata, karena mendatangkan orang-orang untuk melihat event tersebut. Seharusnya ranahnya Dispopar karena bidang pariwisata, tetapi kok masuk di Disdikbud. Ini yang mau kami tanyakan,” beber Nursalam.

Dijelaskan Salam sapaan akrabnya, berdasarkan penuturan Kadisdikbud, Bambang Cipto Mulyono, bahwa berdasarkan UU tentang kebudayaan yang ada, salahsatu item budaya adalah seni. Sementara BCC itu lebih menonjolkan budaya-budaya seni. Sehingga berdasarkan UU tersebut, ranah event BCC masuk di Disdikbud.

Baca Juga:   Usulan Calon Pj Gubernur Kaltim, Andi Faiz Harap Orang yang Paling Paham Kaltim

“Andaikan kita punya dinas sendiri khusus bidang pariwisata dan kebudayaan, maka ranah penyelenggara BCC harus di dinas tersebut. Kenapa di disdikbud? ya karena disana yang ada kebudayaannya saat ini,” ungkap Anggota Komisi II DPRD Bontang itu. (al/adv)

Most Popular