spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Diikuti 28 Peserta, Pemkot Bontang Gelar Pelatihan Barbershop

BONTANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang menggelar pelatihan Barbershop bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bontang. Sebanyak 28 peserta mengikuti pelatihan yang berlangsung di bawah naungan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Mira, Jalan KS Tubun, Kota Bontang.

Kepala Disnaker Kota Bontang, Abdu Safa Muha mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Bontang, dengan ada pelatihan seluruh peserta yang telah bersertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) nantinya bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

“Karena pelatihan ini bersertifikat BNSP, maka saya harap peserta yang telah mengikuti pelatihan akan membuka lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan,” ucapnya.

Di sisi lain, Pengurus LPK Mira, Mutmainah mengatakan, untuk pelatihan Barbershop ini akan berlangsung selama 20 hari ke depan, dengan dimulai Senin (27/5/2024). Peserta yang mengikuti pelatihan mulai dari umur 18-45 tahun, bahkan dengan persyaratan utama harus melampirkan ijazah dan kartu kuning.

“Tidak hanya laki-laki saja yang mengikuti pelatihan Barbershop, akan tetapi wanita juga ada yang ikut serta, sekitar 4 orang untuk wanita,” bebernya.

Baca Juga:   Terlibat Peredaran Sabu, Tiga Pemuda Dibekuk Polisi

Dalam pelatihan Barbershop ini peserta akan dilatih dan diajarkan mulai dari nol, mendasari dari sisi skill, bagaimana cara memotong rambut, bahkan sampai pembersihan sesudah pemotongan.

“Kenapa mulai dari dasar, karena nanti ada ujian kompetensinya di 26 Juni mendatang, dan peserta yang lolos akan mendapatkan sertifikat BNSP,” ungkapnya.

Mutmainah berharap dengan adanya pelatihan Barbershop ini, nantinya para peserta bisa membuka peluang baru dari yang mereka pelajari, bahkan membuka lapangan pekerjaan untuk membantu orang lain yang sedang membutuhkan pekerjaan.

Penulis: Dwi S
Editor: Yusva Alam

Most Popular