spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dispopar Kenalkan Lagi Rumah Kreasi Milenial, Ruang Ekspresi Pelaku Ekraf

BONTANG – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Bontang terus mensosialisasikan Rumah Kreasi Milenilal (RKM) kepada para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) Bontang. Salahsatunya dengan mengenalkan pada peserta pelatihan ekraf workshop desain busana, yang diadakan oleh Dispopar, Rabu (3/5/2023).

Kadispopar, Ahmad Aznem melalui M Deddy Arianto, Staf Jabatan Fungsional Adiyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Dispopar Bontang menjelaskan, RKM ini pasca dilaunching oleh Wali Kota Bontang beberapa waktu lalu masih kurang dikenal oleh pelaku ekraf Bontang.

Di ruangan yang bertempat di lantai dasar Graha Pemuda Dispopar ini, para pelaku ekraf dapat berkreasi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Pelaku ekraf bisa berdiskusi, membuat project, dan lain sebagainya. Mereka cukup bersurat ke Dispopar untuk peminjaman tempat,” ujar Deddy.

Ditambahkannya, sarana dan prasarana di RKM masih terus dilengkapi. Fasilitas seperti komputer editing video, alat seni rupa, kamera foto dan video, studio podcast, dan lain sebagainya masih dalam tahap pengadaan.

“Anak-anak muda bisa manfaatkan ruang ini semaksimal mungkin untuk berkarya,” ajaknya.

Baca Juga:   Pria di Kelurahan Api-Api Tewas Gantung Diri

Diketahui, RKM merupakan wadah bagi anak muda yang secara komprehensif memfasilitasi kegiatan pengembangan ekonomi, dengan desain institusi yang memiliki pola kerja sebagai inkubator bisnis dan agency bagi pelalu usaha kreatif di Kota Bontang.

Hal ini sejalan dengan program pengembangan untuk menyiapkan sumber daya manusia di era digitalisasi.

Sebagai komitmen, pemerintah memberikan ruang kreasi yang berupa fasilitas penunjang agar mendorong keterlibatan pemuda untuk pengembangan kota. Khususnya di pengembangan wisata, ekonomi kreatif, dan UMKM.

Program ini menyasar anak-anak muda yang punya karya di industri kreatif. Di antaranya pengembang permainan, arsitektur, desain interior, musik, seni rupa, desain produk, fesyen, kuliner, film, animasi dan video, fotografi, desain komunikasi visual, televisi dan radio, kriya, periklanan, seni pertunjukan, penerbitan, dan aplikasi. (al)

Most Popular