spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dua Wartawan Radarbontang.com Berkompeten, Lulus UKW Muda dan Utama

BONTANG – Wartawan Radarbontang.com berhasil meraih predikat kompeten pada Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang berlangsung di Badak Learning Center (BLC), selama 2 hari Rabu dan Kamis (30-31/8/2023). UKW ini diadakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bontang bekerjasama dengan PT Badak LNG.

Redaktur Radarbontang.com, Yusva Alam dinyatakan kompeten pada level utama, dan Reporter Lapangan, Syakurah yang lulus di tingkat muda.

UKW ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas serta keprofesionalan wartawan yang ada di Bontang maupun luar Bontang. Terdapat 2 jenjang yang diujikan, yakni jenjang muda dan utama serta diikuti 19 peserta dari Bontang, Kutim, Samarinda, dan Balikpapan.

Jenjang muda terdiri dari 13 peserta dan jenjang utama diikuti 6 peserta. Di tingkat muda terdapat 10 modul dan utama terdiri dari 9 modul yang harus di kerjakan oleh seluruh peserta. Mulai dari ilmu dasar jurnalistik, hingga manajemen produksi berita.

Ketua PWI Bontang, Suriadi Said mengatakan, dari 19 peserta terdapat 5 wartawan dinyatakan belum berkompeten. Hal itu lantaran terdapat nilai  dari salah satu modul di bawah 70.

Baca Juga:   Dukung Promosi Pariwisata, UMKM dan Keunggulan Daerah, Pemkot Bontang Gelar Pelatihan Digital Marketing

“2 peserta berhasil meraih nilai tertinggi. Satu dari jenjang muda yakni Kiki dan Bambang dari jenjang utama,” ujarnya.

Suasana UKW yang berlangsung di Badak Learning Center. (Syakurah/Radarbontang)

Perwakilan dari PWI Pusat, Fathurrohman mengungkapkan, bahwa PWI telah berhasil mencetak belasan ribu wartawan yang berkompeten. Sehingga marwah sebagai jurnalis yang profesional harus dijaga.

“Sampai hari ini, PWI sudah mencetak wartawan berkompeten sebanyak 17.874, termasuk 14 orang hari ini yang lulus,” beber pria yang sekaligus juga penguji utama.

Dengan memiliki wartawan yang kompeten, ia berharap media dapat mempertahankan produk atau hasil jurnalistik berkualitas, disenangi pembaca, serta tetap sesuai kaidah Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“Kami melaksanakan UKW ini dengan prosedur yang sudah sesuai standar nasional, dan untuk yang belum dinyatakan kompeten masih ada kesempatan,” imbuhnya.

Senior Manager Corporate Communication Badak LNG, Yuli Gunawan mengatakan, ini merupakan usaha PT Badak untuk membantu menciptakan wartawan yang profesional dan kompeten.

“Ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial, bagaimana keberadaan perusahaan ini bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh stakeholder, termaksud wartawan,” jelasnya.

Baca Juga:   Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT PAMA Serahkan 2 Ribu Pohon Mangrove untuk TNK

Harapannya adalah wartawan di Bontang bisa menjadi wartawan yang profesional dan bermanfaat dalam memberikan berita kepada masyarakat.

Penulis : Syakurah

Editor: Yusva Alam

Most Popular