spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ekspose Hasil IKM, DPMPTSP Raih Nilai Baik

BONTANG – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bontang melaksanakan ekspose hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Triwulan I, Senin (23/20/23).

Adapun latar belakang IKM yakni mengukur pelayanan publik melalui penilaian masyarakat, serta meningkatkan kualitas layanan di setiap bagian penyelenggara.

“Triwulan I ini dinilai dari Bulan Januari hingga Juni tahun 2023,” kata Jabatan Fungsional (Jabfung) Sub Koordinator Pelayanan Perizinan Ekonomi DPMPTSP Bontang, Natalia Santi Kanan.

Di kegiatan ini DPMPTSP bekerjasama dengan Pusat Penelitian Kesetaraan Gender dan Perlindungan Anak (P2KG-PA), LP2M Universitas Mulawarman. Dilakukan kepada masyarakat yang menggunakan layanan DPMPTSP.

Sistem Perizinan digital DPMPTSP total terdapat 467 layanan, melalui OSS-RBA 369 layanan, sehingga total pengguna layanan 836 selama triwulan I.

Berdasarkan hasil survei menurut profil responden berumur 19 sampai 44 tahun ada sebanyak 177 (66,79%), usia 45-59 tahun sebanyak 81 (30,57%), dan usia lebih dari 60 sebanyak 7 (2,64%).

Selain itu, jenjang pendidikan mulai tidak sekolah hingga strata 2 ke atas, jenis pelayanan serta unsur pelayanan juga menjadi pertimbangan dalam penilaian tersebut. Sehingga setelah dilakukan konversi nilai, DPMPTSP mendapatkan total nilai sebesar 87.50 yang termasuk dalam kategori B atau Baik.

Baca Juga:   Berkomitmen dan Inovatif, LKP BBEC Binaan Pupuk Kaltim Raih Indonesia Executive Professional and Leadership Award 2023

P2KG-PA juga memberikan rekomendasi untuk jangka pendek hingga jangka panjang, seperti mengidentifikasi masalah utama, feedback pelanggan, perencanaan strategis dan masih banyak lagi.

“Sistem OSS RBA sangat memengaruhi penilaian IKM ini karena sistem bisa saja mengalami eror, tapi kami tentu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” jelasnya. (sya/adv)

Most Popular