spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ikon Wisata Tapi Kondisi BK Memprihatinkan

BONTANG – Perkampungan Bontang Kuala (BK) merupakan salahsatu ikon Kota Bontang, namun sayang kondisi infrastruktur banyak yang mengalami kerusakan.

Hal inipun menjadi sorotan anggota dewan, salahsatunya Anggota Komisi III DPRD Kota Bontang, Abdul Samad yang menyayangkan kondisi tersebut.

Ia menilai pemerintah kurang memperhatikan infrastruktur di Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara tersebut.

Padahal menurut Aco sapaan akrabnya, keluhan-keluhan terkait kondisi ini sudah sering disampaikan masyarakat melalui musyawarah rencana pembangunan (musrembang). Namun hingga saat ini belum terealisasi.

“BK selalu digaungkan sebagai lokasi wisata, tapi kondisinya mengkhawatirkan. Bagaimana pertanggungjawaban pemerintah,” ujarnya saat sidak, beberapa waktu lalu.

Politisi dari Partai Hanura ini juga menyoroti jembatan di sekitar panggung adat, yang pernah kebakaran beberapa waktu lalu. Melihat kondisi ini, pihaknya juga meminta pemerintah segera memperbaiki.

“Kalau musim liburan kan banyak pengunjung yang datang. Takutnya jembatannya bisa ambruk,” imbuhnya.

Mengetahui kondisi ini, dirinya meminta Pemkot Bontang memprioritaskan BK di tahun 2023 ini. Lantaran ia mengetahui kalau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun ini cukup besar.

Baca Juga:   Proyek Penanganan Banjir Mulai Terlihat Hasilnya, Agus Haris Apresiasi Pemkot

“Saya akan kawal keluhan warga BK sampai pemerintah merealisasikan,” katanya.

Sementara itu, Dian Nur Afianto, Perencanaan Ahli Muda Bapelitbang Kota Bontang menyebutkan, hal tersebut sudah masuk musrenbang, sehingga pihaknya akan menganggarkan pada tahun 2024 mendatang.

“Anggaran sebesar Rp 4,5 miliar sudah dibahas untuk perbaikan anjungan BK. Dibagi dengan Pulau Beras Basah sejumlah Rp 1 miliar,” ungkapnya.

Selain itu katanya, masing-masing kelurahan akan mendapat Rp 6 miliar untuk perbaikan infrastruktur di 3 kecamatan. Di Kecamatan Bontang Utara, Kelurahan Bontang Kuala terdapat 6 usulan yang diakomodir. (adv/al)

Most Popular