spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kampung Malahing Posisi 75 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

BONTANG – Kampung Malahing, salah satu desa wisata di Bontang, Kalimantan Timur menjadi salah satu desa wisata yang masuk dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2023.

Nurfaidah, Lurah Tanjung Laut Indah mengatakan, hal ini tentu tidak lepas dari peran serta masyarakat dan instansi-instansi yang membantu pengembangan Malahing.

“Kami akan terus kembangkan hingga masuk nominasi 50 besar,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kampung Malahing akan lebih dikembangkan lagi, sehingga Malahing sebagai desa wisata akan segera naik peringkat pada penilaian yang akan datang.

“Bulan depan akan ada penilaian, hanya saja belum ada tanggal pastinya,” lanjut Nurfaidah.

Terdapat 7.275 desa wisata yang mendaftar. Dari jumah tersebut, desa wisata akan diseleksi, kemudian dikerucutkan menjadi 4.573 desa wisata. Malahing terpilih berada di urutan ke-75 se-Indonesia.

Nurfaidah belum mengetahui persis indikator dalam penilaiannya, sehingga mulai dari pengembangan Kampung Malahing akan dipersiapkan dengan matang.

“Kami harus optimistis masuk 50 besar, karena Malahing ini sangat diperhatikan sekali. Banyak juga orang-orang dari luar datang untuk berkunjung,” ucapnya.

Baca Juga:   Pemkot Target Kasus Stunting Turun 3,5 Persen Tahun Ini

Karena mata pencaharian warga Malahing adalah nelayan, Pemkot Bontang sudah mempersiapkan berbagai macam pelatihan, mulai dari pengolahan makanan, pembuatan batik, atau perahu untuk berkeliling.

“Jadi kami inginnya di sana banyak macam hiburannya, jadi orang mau balik lagi, ” tutupnya. (sya)

Most Popular