spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Keluarga Wajib Kelola Arsipnya Sendiri, DPK Edukasi Kearsipan Tim PKK

BONTANG– Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  menggelar edukasi kepada masyarakat untuk mengelola arsip keluarga.  Edukasi bertujuan agar keluarga di Bontang menyadari betapa pentingnya mengelola dokumen.

Acara berlangsung di pendopo rumah jabatan Wali Kota Bontang, Kamis (11/8/2022). Dalam sambutannya, Wali Kota Bontang Basri Rase mengatakan, arsip   sangat penting dijaga oleh tiap keluarga. “Arsip sangat penting bagi keluarga seperti surat-surat rumah, akta pernikahan, ijazah, dan surat penting lainnya,” kata Basri.

Dirinya mengatakan, arsip keluarga dapat dijadikan sebagai bukti otentik bagi keluarga. Arsip juga bisa dijadikan dokumen penyimpanan kenangan keluarga.

“Ini menjadi bahan otentik dan terpercaya,” kata Basri. Oleh karenanya, dia mengharapkan di masa datang masyarakat dapat memiliki kesadaran untuk menjaga arsipnya sendiri.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Retno Febriaryanti mengatakan, proses pengarsipan bagi keluarga sangatlah penting. Arsip keluarga bisa diartikan sebagai arsip yang memiliki nilai bagi keluarga dan nilai kegunaan, sehingga harus disimpan dengan baik dan rapi.

Retno menambahkan, pengetahuan pengarsipan wajib diberikan ke masyarakat sebagai edukasi, yang saat ini diberikan kepada tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)  Bontang.

“PKK ‘kan memiliki kader-kader di masyarakat dari tingkat RT, kelurahan dan dasawisma yang dapat meneruskan dan disampaikan ke masyarakat,” kata Retno.

Dengan adanya pengarsipan yang terdokumentasi secara baik, akan memudahkan keluarga dalam mengakses dan mengambil dokumen arsip keluarga.

“Dapat ditemukan dengan cepat. Biasanya ‘kan kalau mencari arsip keluarga terkadang bingung. Jika sudah diarsipkan dan tertata akan mudah ditemukan,” jelas Retno.

Dalam hal pemodelan arsip, cara yang dilakukan untuk arsip keluarga dan arsip yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memiliki kesamaan. “Sama, cuman biasanya keluarga tidak menciptakan (membuat) arsip,” tandasnya. (yah)

Most Popular