spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ketua ALTI Dukung Basri Wujudkan Bontang Tuan Rumah Ultra Trail Asia Pasific

BONTANG – Bontang International Ultra Trail (BIUT) 2023 resmi dibuka Wali Kota Bontang, Basri Rase dengan melepas pelari dari kategori 60K, 21K, 10K dan 5K, Minggu (19/11/2023) di garis start dan finish, Hotel Grand Mutiara.

Basri mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pengurus Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) terutama kepada Ketua Umum ALTI Pusat, Bima Arya yang datang langsung untuk memberikan support langsung dan menjadikan agenda ini agenda pusat.

“Bahkan beliau bilang agar Ultra Trail Asia Pacific bisa dilaksanakan di Kota Bontang,” ujarnya.

Hal ini tentu sekaligus bentuk promosi untuk pariwisata di Kota Bontang. Sejalan dengan visi wali kota untuk menjadikan Kota Bontang sebagai kota pariwisata, tidak hanya skala domestik atau nasional, bahkan harus internasional.

Mengingat Bontang akan menjadi salah satu penyangga IKN yang memiliki kelebihan Sumber Daya Alam itu sendiri. Oleh sebab itu, tahun kedua lomba Ultra Trail ini sudah dihadiri oleh masyarakat nasional dan internasional.

“Insyaallah nanti kita akan dikenal makin luas dan memang itu salah satu tujuan kita,” harapnya.

Baca Juga:   Jalan Menuju Bontang Lestari, Kini Tak Secantik Namanya

Selain pariwisata, Basri berharap Kota Bontang dapat melahirkan atlet-atlet baru yang handal dan berprestasi di berbagai ajang, mulai dari domestik, nasional, dan internasional.

Pihak Bima Arya juga akan berupaya memasukkan jadwal Ultra Trail Asia Pacific di kalender mereka, yang kebetulan di Kalimantan baru Kota Bontang yang melaksanakan event trail tersebut.

Sejalan dengan wali kota Bontang, Ketua ALTI Pusat, Bima Arya mengatakan, penyelenggaraan BIUT 2023 sebagai event internasional sukses diselenggarakan.

“Ini menjadi contoh juga untuk kota lain. Karena sinergi pemerintah dan forkopimda yang luar biasa,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Ultra Trail skala internasional-nasional ini layak dan dapat menjadi andalan. Apalagi setelah ia ikut berlari dan melihat langsung track yang disiapkan sudah sangat baik.

“Saya akan sebarkan kegiatan yang dilaksanakan di Bontang ini. Saya setuju kalau Pak Basri mengajukan Bontang menjadi tuan rumah untuk kejuaraan Ultra Trail Asia Pacific,” ujarnya.

Bima optimistis bahwa Bontang siap untuk menerima pelari dari 40 negara dengan jumlah peserta hingga 500. Istimewanya, lari Trail dibanding lari road berhubungan langsung dengan tourism. Oleh sebab itu, ALTI dengan Sandiaga Uno terus bersinergi mengekspos titik titik indah di Bontang khususnya.

Baca Juga:   Dominasi Hari Terakhir Gulat, Kaltim Rebut Dua Emas

“Di sini perlu kita ekspos, hidden gem Kota Bontang. Jadi Bontang bukan lagi kota industri tapi kota wisata yang nyaman,” tutupnya.

Penulis: Syakurah

Editor: Yusva Alam

Most Popular