spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kurangi Penumpukan Sampah Plastik di TPA, Kelurahan Satimpo Laksanakan Gerakan Pilah Sampah

BONTANG – Menyadari volume sampah yang kian meningkat, terutama sampah plastik, Kelurahan Satimpo melaksanakan Gerakan Pilah Sampah.

Lurah Satimpo, Maryono menjelaskan, gerakan ini sudah ia mulai sejak tahun 2021. Gerakan tersebut dimulai di wilayah HOP dengan memberikan tempat sampah 3 warna yang sesuai dengan jenis sampah.

Adapun nama program tersebut yakni Satimpo Pantastik atau Satimpo tanpa sampah Plastik, “Gerakan ini tentu untuk mengurangi sampah plastik di pembuangan akhir,” jelasnya.

Tong sampah tersebut dibagikan ke seluruh RT yang berada di Kelurahan Satimpo secara bertahap, hingga kini sudah 20 RT dari total 25 RT yang ada di kelurahan tersebut. Ia berharap dalam kurun waktu setahun seluruh RT akan kebagian.

Pemilahan sampah per rumah sudah dilaksanakan di wilayah HOP, ia mengatakan bahwa mereka memiliki drop poin tersendiri untuk sampah tersebut.

Pihaknya juga akan memberikan terkait bank sampah ceria di Satimpo, yang dimana masyarakat bisa memberikan sampah plastik ataupun barang yang bisa didaur ulang untuk dibawa ke bank sampah dan akan kembali diolah.

Baca Juga:   Baliho Coming Soon Terpasang, Perkiraan 6 Bulan Lagi Cinema XXI Beroperasi di BCM

“Kalau sampah yang tidak bisa diolah nanti bisa jadi kompos atau pupuk,” tambahnya.

Maryono akan perlahan mengedukasi masyarakat agar pemilahan sampah dapat menjadi suatu kebiasaan. Hasil-hasil dari sampah yang dikumpulkan di bank sampah, juga akan diberikan kepada warga yang kurang beruntung.

Penulis: Syakurah
Editor: Yusva Alam

Most Popular