spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lahan 7 Hektar di Kanaan Habis Terbakar, Pondok Kebun Milik Warga Ikut Lenyap

BONTANG – Kebakaran lahan dan hutan kembali terjadi di Kelurahan Kanaan, <span;>Minggu (3/3/2024) kemarin, sekitar pukul 16.44 Wita. Kebakaran ini menghabiskan lahan seluas 7,63 hektar.

Tidak hanya itu, bahkan salah satu pondok kebun milik warga ikut lenyap dimakan api,

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan BPBD Kota Bontang, Eko Mashudi menjelaskan, ada informasi masuk dari masyarakat sekitar di wilayah Alam Sejati 77, ada api yang telah menyambar hutan dan lahan tersebut.

Sehingga Tim BPBD langsung bergerak cepat menuju ke lokasi kejadian. Para petugas langsung sigap dan bergerak cepat dengan membawa peralatan pemadaman api, serta alat bantu lainnya.

“Karena api yang menjalar begitu cepat, dengan kondisi lahan yang kering serta angin kencang, kebakaran menghabiskan lahan dan hutan seluas 7,63 hektar, serta ada pondok kebun milik masyarakat yang ikut terbakar. Untungnya kondisi pondok kosong, hanya terdapat perlengkapan keperluan berkebun saja,” ucapnya saat diwawancarai, Senin (4/3/2024).

Pemadaman hutan dan lahan ini dibantu oleh tim gabungan yang meliputi KPHP Santan, MPA Bonles, Polri, PMK Bontang, Relawan 87, Kelana Bonles, dan juga masyarakat sekitar. Pemadaman api berlangsung hingga pukul 22.30 Wita.

Baca Juga:   Gelar Wet Drill Training, Pupuk Kaltim Pastikan Kesiapan Personel Pelabuhan Sesuai Standar OSCP

“Syukurnya banyak yang membantu untuk memadamkan, itu pun kami memadamkan api sekitar kurang lebih 6 jam,” tambahnya.

Eko menghimbau kepada seluruh masyarakat, terutama untuk masyarakat yang memiliki lahan agar bisa berpartisipasi menjaga lahannya dari bahaya kebakaran.

Tidak hanya membakar sampah, begitu pula bagi masyarakat yang akan membersihkan lahan, diminta untuk tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar semak dan perdu yang ada di lahan tersebut.

Penulis: Dwi S
Editor: Yusva Alam

Most Popular