spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mandau Terbesar Dipamerkan di Pagelaran 1001 Pusaka Nusantara

BONTANG – Lamin 1001 Mandau di Jembayan, Kutai Kartanegara turut memamerkan pusaka andalan mereka, mandau ukuran besar di Pagelaran 1001 Pusaka Nusantara di Gedung Koperasi Karyawan PKT.

Salah satu anggota Lamin 1001 Mandau, Haidir menjelaskan, salah satu mandau milik mereka telah mendapat rekor MURI dengan panjang mandau mencapai 6.38 sentimeter, lebar 0.65 meter dan berat mencapai lebih 150 kilogram.

“Kami tidak bisa bawa ke sini karena kendaraan tidak cukup, jadi kami tetap bawa beberapa yang besar juga tapi ukurannya di bawah 6 meter,” jelasnya.

Adapun estimasi pembuatan sejak 2021, dan selesai hampir setahun pengerjaan, “Pembuatannya kurang 13 hari setahun,” ucapnya.

Adapun pembuatannya melibatkan 13 orang ahli mandau. Untuk pengerjaan dilakukan 3 sampai 4 orang setiap harinya, dengan melibatkan seluruh kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Motivasi awal membuat Mandau terbesar adalah karena di dunia belum ada rekor tersebut, kalau yang tertua ada, namun yang terbesar belum ada.

Faisal yang juga anggota Lamin 1001 Mandau berharap, dengan melibatkan seluruh elemen-elemen masyarakat tradisiĀ  nenek moyang ini akan terus diturunkan kepada generasi penerus.

Baca Juga:   Dukung Promosi Pariwisata, UMKM dan Keunggulan Daerah, Pemkot Bontang Gelar Pelatihan Digital Marketing

“Kita akan terus melibatkan anak-anak agar tidak mati tradisi ini, kita ajarkan juga nilai-nilai budaya dalam kehidupan,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Lamin 1001 Mandau telah mempersiapkan Mandau terbesar lagi dengan panjang mencapai 12 meter dan rencananya akan didaftarkan kembali dalam Muri. (sya)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular