spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Maraknya Pelajar Bolos Sekolah, Rusli: Pemerintah Harus Turun Tangan!

BONTANG – Butuh kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan orangtua, untuk mencegah maraknya pelajar bolos sekolah akhir-akhir ini. Pemerintah pun diminta turun tangan menyelesaikan. Hal itu diungkapkan oleh Anggota Komisi I DPRD Bontang, Rusli.

Rusli mengatakan, sangat butuh kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua. Selain itu kerja sama lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga diperlukan. Sehingga tidak hanya dibebankan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

“Saya sudah sering ungkapkan ini dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), jangan saling ego. Karena jika semua dibebankan pada dinas pendidikan, rata-rata tidak mungkin bisa langsung selesai,” ucapnya saat dihubungi via telepon, Senin (06/11/2023).

Rusli menyampaikan, jika pemerintah hadir dalam hal ini wali kota atau wakil wali kota pun dapat mendudukan semua OPD, terkhusus pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk bisa melakukan pembinaan. Masalah-masalah seperti ini tidak akan bisa tuntas, jika tidak ada kerja sama.

“Harus diadakan sosialisasi, pembinaan kerohanian. Insyaallah bisa teratasi. Akan tetapi, jika saling melempar tugas percayalah masalah seperti ini tidak akan bisa cepat terselesaikan,” paparnya.

Baca Juga:   Bantah Dugaan Pelanggaran Pemilu, Mar’uf Effendi Yakin Sudah Diberhentikan PKS

Rusli juga berharap, pemerintah ikut campur serta lebih serius dapat menyelesaikan persoalan-persoalan seperti ini. Banyak anggaran yang terpakai untuk kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di luar daerah, akan tetapi untuk mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah, bentuk pembinaan sangat jarang dilakukan. Menjadi pemimpin itu harus kreatif, selama tidak melarang aturan.

Diketahui, belakangan ini marak pelajar kedapatan membolos sekolah. Terdapat belasan pelajar tertangkap basah Satpol PP di tempat-tempat berkumpul, seperti lapak-lapak pedagang Stadion Bessai Berinta (Lang-Lang), warung kopi (karkop), Pujasera BSD, Mangrove Berbas Pantai, bahkan masih banyak lagi.

Penulis: Dwi S

Editor: Yusva Alam

Most Popular