spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pagelaran 1001 Pusaka Nusantara, Kadisdikbud: Seni dan Budaya Harus Dilestarikan!

BONTANG – Pagelaran 1001 Pusaka Nusantara yang diadakan di Gedung Koperasi karyawan PKT, Jumat (2/6/23) malam ini merupakan seni budaya khas milik Indonesia yang sudah diakui oleh dunia. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bontang, Bambang Cipto Mulyono.

Ia menjelaskan, salah satu benda pusaka di Indonesia yaitu keris diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya milik Indonesia.

Pihaknya sudah mengimbau sekolah-sekolah untuk membawa murid-murid ke pagelaran tersebut, dalam rangka memberikan edukasi tentang peninggalan nenek moyangnya.

“Ini merupakan pengetahuan mengenai timpa besi yang luar biasa pada saat itu, dan patut dilestarikan. Mulai dari filosofi hingga terbuatnya keris tersebut,” jelasnya.

Ditambahkan, bahwa ini salah satu pagelaran yang luar biasa terkait benda pusaka dan harus diapresiasi, serta dilestarikan untuk menarik generasi penerus.

“Seni dan kebudayaan harus dilestarikan, apalagi kita berada di era digitalisasi, jangan sampai warisan budaya punah,” harapnya. (sya)

Baca Juga:   Kelurahan Guntung Membara, 1 Rumah Terbakar

Most Popular