spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Panen Perdana di Kampung Kreasi Labu Madu

BONTANG – Dana stimulan RT merupakan program pemerintah untuk dimanfaatkan sebagai peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Bontang. Oleh sebab itu, Kelurahan Belimbing memanfaatkannya untuk budidaya labu madu.

Dwi Andriyani, Lurah Belimbing menceritakan, pada awal tahun 2022 lalu, kelurahan bersama Ketua RT 31 mulai mempelajari cara budidaya labu madu tersebut.

“Jadi kami pelajari bagaimana labu tersebut dapat tumbuh, kapan waktu yang tepat untuk memberikan pupuk, serta bagaimana perawatannya,” jelas Dwi.

Di RT 31 Kelurahan Belimbing terdapat lahan yang cukup luas. Setelah berhasil mempelajari budidaya labu madu, penanamannya barulah menggunakan stimulan RT dan dalam skala yang lebih banyak pada  November 2022 lalu.

“Panennya sekitar 3 bulan sekali, dan ini kita panen untuk pertama kalinya,” ungkapnya saat ditemui awak media di acara Aksi Ber-Acting Kelurahan Belimbing, Sabtu (18/3/23)

Dalam budidaya labu tersebut juga sudah menggunakan Teknologi Tepat Guna (TTG), dimana penyiramannya dilakukan menggunakan penyiram otomatis yang waktunya dapat ditentukan.

Ia juga menjelaskan terkait mengapa pemilihan labu madu untuk dibudidaya. Karena tanaman tersebut tidak sulit untuk dirawat, peminatnya banyak, dan harga jual yang lumayan tinggi.

Baca Juga:   Wali Kota Minimalisir Gesekan di Penertiban Pedagang KS Tubun

“Jadi di luaran labu madu kadang bisa Rp 40 ribu sekilo, karena termasuk buah premium, tapi kami jual Rp 25 ribu aja perkilo,” bebernya.

Dikatakan, nantinya labu madu tersebut dapat digunakan sebagai salah satu bahan makanan Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Labu Madu juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan ringan.

“Ada sekitar 10 jenis makanan yang menggunakan labu ini, seperti puding, donat, kemudian kalau dikeringkan bisa jadi stik atau kreker,” beber Dwi.

Pengolahan makanan dilakukan oleh dasawisma RT 31 beserta galeri mitra, yang sering melakukan pengolahan makanan, dan dikemas sehingga bisa dijual kembali. (sya)

Most Popular