spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Penyebab Kunjungan Perpustakaan Turun Drastis Selama Ramadan

BONTANG – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang menutup beberapa layanan perpustakaan selama Ramadan, seperti layanan Sabtu-Minggu dan layanan Night Library. Lantaran memaksimalkan pegawai yang melaksanakan puasa Ramadan.

Tak ayal kondisi tersebut mengakibatkan penurunan jumlah kunjungan selama bulan Ramadan, dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

Kepala Bidang Perpustakaan DPK Kota Bontang, Alfrita Junain Sande mengatakan, jumlah penurunan pengunjung selama bulan puasa tercatat hingga 3 pekan berlangsung Ramadan.

“Jam layanan disesuaikan dengan jam pemerintah saat Ramadan. Memang ada penurunan jumlah pengunjung, karena jam pelayanan juga berkurang,” kata Alfrita, Senin (10/4/2023).

Selain karena berkurangnya layanan, faktor lain yang menyebabkan penurunan jumlah pengunjung disebabkan ditiadakan kunjungan anak sekolah ke perpustakaan pada saat Ramadan.

“Kunjungan anak sekolah juga ditiadakan saat ini (Ramadan). Karena bulan ini juga persiapan ujian anak sekolah jadi ditiadakan juga kunjungannya,” tambahnya.

Dari data kunjungan yang tercatat, untuk kunjungan Februari 2023 ada sebanyak 8.080 kunjungan. Sementara kunjungan pada Maret hingga 10 April 2023 pada minggu ke-tiga Ramadan sebanyak 1.289 kunjungan.

Baca Juga:   Mati Listrik di Pasar Telihan, Nursalam: OPD Terkait Segera Tuntaskan!

“Setiap hari rata-rata kunjungan bisa sampai 200 orang di hari normal. Sudah meningkat setelah dari pandemi kemarin. Awal tahun sudah membuka semua layanan di perpustakaan,” tandasnya. (yah)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular