spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perdana, KPI Operasikan Bus Listrik di Bontang

BONTANG – PT Kaltim Parna Industri (KPI) serius mewujudkan komitmen bagi kelestarian lingkungan. Hal itu dibuktikkan dengan pengoperasian  dua unit bus listrik produksi PT Mobil Anak Bangsa (MAB).

Kedua bus yang digunakan mendukung mobilitas antar jemput karyawan ini merupakan langkah perdana yang ada di Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Peresmiannya diadakan Jumat (3/3/2023) di Kantor PT KPI (Graha Parna Industri). Pengoperasian perdana bus listrik ini dihadiri Ketua Umum Periklindo (Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia), Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P.

KPI merupakan badan usaha swasta nasional yang memproduksi Anhydrous Ammonia dan berlokasi di Kawasan Industri Kaltim Industrial Estate, Bontang, Kalimantan Timur.

Mengusung a step to zero emission footprint, KPI mengoperasikan unit bus listrik ini di seputaran area kantor administrasi Graha Parna Bontang. Peresmian ini ditandai pemecahan kendi dan menekan tombol klakson.

Bus berbasis listrik yang akan mengitari area Graha Parna ini, bukan hanya tanpa kebisingan tetapi juga bebas asap emisi.

“Beroperasinya bus ini merupakan bentuk nyata komitmen Indonesia terhadap Paris Protocol, dengan mendukung gerakan penurunan emisi gas buang sebagaimana MOU The 21st Climate Change Conference di Paris tahun 2015,” kata Moeldoko.

Baca Juga:   Warga Teluk Pandan Tertangkap Basah Beli Sabu

Mantan Panglima TNI (2013 – 2015) yang juga founder MAB ini menyebutkan, bus MAB juga telah digunakan di beberapa perusahaan di Indonesia serta Pemerintah Kota Semarang.

Sementara itu, Hari Supriyadi, Presiden Direktur KPI menyebutkan, sejumlah upaya KPI dalam pelestarian lingkungan telah dilaksanakan secara bertahap. “KPI bukan ingin menjadi yang terdepan, namun ingin mengimplementasikan yang lebih ramah lingkungan,” ujar Hari Supriyadi.

“Kita juga ingin berkolaborasi dengan industri dan produsen dalam negeri untuk menggalang kekuatan industri dalam negeri,” imbuhnya.

Direktur Utama MAB, Kelik Irwantono menyampaikan apresiasi kepada KPI atas jalinan kerjasama pengadaan unit bus listrik. Dikatakannya, KPI merupakan salah satu klien yang mempercayakan pembuatan mobil listrik di dalam negeri melalui MAB.

Ini merupakan langkah yang membuat MAB bersemangat untuk terus meningkatkan kapabilitas dan menciptakan inovasi baru di dunia otomotif berbasis energi listrik.

“Selamat KPI, kita berharap gerakan ramah lingkungan ini juga diikuti oleh pelaku industri dan warga Bontang,” ucap Wawali Bontang yang ikut meresmikan bus listrik KPI.

Baca Juga:   BPJS Ketenagakerjaan Launching Perlindungan Jaminan Sosial untuk 34.782 Pekerja Rentan Kota Bontang

“Kita buat Bontang lebih nyaman dengan kegiatan berbasis energi hijau,” tegas Najirah kembali. (rls)

Most Popular