spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perhatikan Perkembangan Kesehatan Anak dengan Rutin Datangi Posyandu!

BONTANG – Masyarakat Bontang khususnya wilayah Guntung dan Loktuan yang termasuk wilayah binaan Puskesmas Bontang Utara II, diminta untuk lebih memperhatikan perkembangan kesehatan anak-anaknya dengan rutin mendatangi Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Hal itu diungkapkan Kepala Tata Usaha (TU) Puskesmas Bontang Utara II, Yulisda saat diwawancara redaksi, Senin (30/10/2023).

Yulisda mengungkapkan, bahwa masih banyak pemahaman masyarakat saat ini yang keliru terhadap keberadaan posyandu. Posyandu masih dianggap hanya sebagai tempat timbang bayi.

Padahal menurutnya, posyandu itu sebagai tempat pencegahan penyakit dan tempat mengevaluasi perkembangan kesehatan seorang anak. Di posyandu terdapat kolaborasi dari beberapa dokter, seperti dokter umum, dokter gigi, dan lain sebagainya.

“Di posyandu gigi anak-anak juga diperhatikan. Kalau gigi anak sejak dini sudah diperhatikan, maka saat besar nanti dapat mencegah kerusakan gigi,” ujarnya.

Selain gigi, perkembangan kesehatan anak yang lain pun akan dapat terpantau dengan orang tua rutin mendatangi posyandu.

“Kami berharap dengan rutinnya orangtua datang ke posyandu, anak-anak dapat tumbuh lebih sehat dan cerdas,” imbuhnya.

Baca Juga:   Najirah Pastikan Lauk Program Rantang Kasih Layak untuk Lansia

Selain posyandu pihaknya juga meminta masyarakat untuk datang ke Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu). Posbindu diperuntukkan bagi usia produktif, yaitu 15 tahun ke atas.

Orang dewasa pun perlu memperhatikan perkembangan kesehatannya. Dengan mendatangi posbindu, kesehatan orang dewasa dapat terpantau dan terukur.

“Di posbindu ada semacam MCU dasar atau istilahnya screening untuk mengetahui ada gejala-gejala penyakit yang dialami seseorang. Sehingga bisa dicegah sedini mungkin,” pungkasnya. (al/adv)

Most Popular