spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Persiapan Penyelesaian Sengketa, Anggota Bawaslu Kaltim Gelar Bimtek

BONTANG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengadakan bimbingan teknis (bimtek) terkait  penyelesaian sengketa proses pemilihan umum bagi seluruh anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur, Senin (6/3/2023) di Hotel Bintang Sintuk.

Bimtek yang diadakan selama 3 hari ke depan, 6-8 Maret 2023 itu tak hanya diiikuti seluruh anggota bawaslu di seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Timur, namun juga menghadirkan Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu RI, Totok Hariyono selaku pemateri.

Totok menjelaskan, kegiatan ini diadakan sebagai proses penguatan kelembagaan Bawaslu. Untuk memberi bekal pada seluruh anggota bawaslu, khususnya di Kaltim, dalam proses tahapan pemilu.

“Bekal persiapan untuk menghadapi sengketa jikalau terjadi,” ujarnya saat diwawancara awak media usai pembukaan bimtek.

Dengan bimtek ini dirinya berharap, anggota Bawaslu di Kaltim mampu menyelesaikan setiap permasalahan sengketa hukum yang terjadi.

“Kalau ada  proses penyelesaian sengketa hukum nantinya, saya harap kawan-kawan sudah siap memberikan putusan yang terbaik bagi pencari keadilan di bawaslu,” ungkapnya.

Saat ditanya bagaimana potensi kerawanan sengketa hukum di Kaltim, Totok menjelaskan bahwa Bawaslu selalu menganggap dimanapun itu potensi sengketa selalu ada. Sehingga anggota bawaslu harus selalu bersiap dengan permasalahan tersebut.

Baca Juga:   Dendam Berujung Penikaman, Ditangkap Dua Jam setelah Kejadian, Rumah Pelaku Sempat Dikepung Warga 

“Karenanya ada pelatihan-pelatihan semacam ini. Untuk membiasakan selalu memiliki persiapan yang maksimal ketika sengketa hukum tersebut terjadi,” pungkasnya. (al)

Most Popular