spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Polairud Sosialisasikan Standar Keselamatan pada Pemilik Kapal Wisata

BONTANG – Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Kota Bontang mengadakan sosialisasi di Pelabuhan Tanjung Laut, Kelurahan Tanjung Laut Indah, Kecamatan Bontang Selatan. Sosialisasi ini untuk menghimbau kepada para penyedia jasa transportasi wisata Beras Basah, agar tetap menerapkan standar keselamatan saat berlayar.

Kasat Polairud Kota Bontang, Iptu Khairul Umam mengatakan, kegiatan sosialisasi ini guna untuk menindak lanjuti dan juga sebagai pengingat akan kejadian adanya wisatawan yang tenggelam. Sehingga nahkoda yang akan bertanggung jawab penuh saat pelayaran.

“Dengan kejadian kemarin, agar pemilik kapal menyiapkan lebih banyak life jacket alias pelampung jaket. Hal itu diharapkan untuk memberikan rasa aman pada para pengunjung yang akan menyeberang menggunakan kapal,” ucapnya.

Tidak sampai di situ, akan ada pula pengecekkan secara langsung dalam waktu seminggu ke depan di lapangan, mengenai kelengkapan pelampung, kelengkapan lampu jalan kapal saat hendak berlayar.

“Kami juga akan memberi tindakan kepada nahkoda, agar tidak mengindahkan apa yang sudah menjadi penekanan. Semoga himbauan dan sosialisasi ini dapat menghasilkan hasil di lapangan yang lebih baik untuk kedepannya,” tambahnya.

Baca Juga:   Sukses Kelola Pembuangan Sampah, Bontang Diganjar Piala Adipura Kencana Ketiga Kalinya

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri sebanyak 27 nahkoda kapal, serta ada juga kegiatan penempelan stiker untuk himbauan di kapal penumpang. Dirinya berharap kejadian yang telah berlalu tidak kembali terulang.

“Karena keselamatan nahkoda dan penumpang yang paling utama, jika ada terlihat hal-hal yang dapat membahayakan bisa saling mengingatkan satu sama lain, agar terhindar resiko saat pelayaran,” tutupnya.

Penulis: Dwi S
Editor: Yusva Alam

Most Popular