spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rakor Forkopimda, Bahas Penyelesaian Permasalahan di Bontang

BONTANG – Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan stakeholder Kota Bontang tahun 2023 dilaksanakan, Minggu (30/7/23) di Balikpapan. Rakor kali ini mengusung tema ‘Sinergitas Program Dalam Mewujudkan Penataan Infrastruktur dan Sarana Layanan Publik Menuju Kota Bontang yang Hebat.’

Wali Kota Bontang, Basri Rase mengarahkan, agar keseriusan terkait menjalankan 4 program yang menjadi prioritas pemerintah kota (pemkot) Bontang, yakni stunting, penanggulangan banjir, lahan, dan aset, serta pariwisata dan UMKM.

“Tentu saja terdapat juga masalah nasional seperti stunting, sehingga pengerjaan harus kita keroyok agar dapat terselesaikan,” jelasnya.

Disamping permasalahan tersebut, Bontang yang merupakan kota kaya memiliki  7,81 persen pengangguran. Angka tersebut merupakan tertinggi di Kalimantan Timur, dan angka kemiskinan sebesar 4,54 persen. Di Bontang terdapat 185 ribu penduduk dengan banyak perusahaan industri di dalamnya.

“Karena itu perusahaan-perusahaan di Bontang diharapkan dapat mengambil SDM lokal, dan memberikan saran terhadap pemerintah terkait pelatihan-pelatihan yang mereka butuhkan,” ucapnya.

Sementara itu, pemerintahan sudah tidak boleh menerima lagi tenaga honorer, sehingga diperlukan solusi bagaimana mengurangi pengangguran di Bontang. Apa yang perusahaan butuhkan sehingga bisa diberikan pelatihan di BLK.

Baca Juga:   Wali Kota Lepas 60 Kafilah Ikuti Lomba MTQ Provinsi

Sejak beberapa tahun belakangan, penduduk Bontang sudah bertambah hingga 20 ribu jiwa, namun pengangguran juga ikut bertambah. Perusahaan-perusahan juga masih mengambil tenaga kerja dari luar kota, sedangkan diharapkan 75 persen tenaga kerja dapat diambil dari penduduk lokal.

Rakor ini merupakan rapat kedua pada tahun 2023. Sebelumnya sudah dilaksanakan pada Februari lalu. Di rakor kali ini diharapkan ada tindak lanjut serta adanya aksi nyata dalam menuntaskan permasalahan di Bontang.

Di akhir sesi acara pembukaan Rakor Forkopimda, pemkot menyerahkan penghargaan kepada PT Indominco Mandiri (IMM) selaku penyelenggara acara, yang kemudian dilanjutkan penyerahan cenderamata kepada stakeholder yang hadir. (sya)

Most Popular