spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sukseskan Reforma Agraria di Bontang, Kementrian ATR/BPN Laksanakan Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional

BONTANG – Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Reforma Agraria di Kota Bontang, Kementerian ATR/BPN melalui Kantor Pertanahan Kota Bontang melaksanakan Kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria (GSRA), Senin (22/04/24) di Ruang Rapat Kantor Pertanahan Kota Bontang.

Kantor Pertanahan Kota Bontang melaksanakan kegiatan GSRA yang juga dilakukan serempak di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia secara daring bersama stakeholder terkait, yaitu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di antaranya Dinas Koperasi dan UMKM yang dihadiri oleh kepala bidang koperasi dan jajaran, pihak perbankan, praktisi, dan penggiat UMKM.

“Sesuai amanat UUPA, kami concern terhadap Reforma Agraria khususnya terkait akses terhadap permodalan dan bantuan lainnya terhadap masyarakat, apalagi UMKM di Bontang saat ini sangat pesat perkembangannya karena Pemkot Bontang juga sangat serius dalam memajukan UMKM,” ujar Heru Maulana, Kepala Kantor Pertanahan Kota Bontang.

Semangat reforma agraria ditegaskan melalui deklarasi bersama sebagai wujud kolaborasi dan kerjasama dalam pelaksanaan reforma agraria di Kota Bontang. Untuk memajukan UMKM di Kota Bontang, tidak dapat dilakukan secara parsial oleh satu pihak saja, namun harus melalui peran aktif dari seluruh stakeholder terkait.

Baca Juga:   Lomba Good Archival Governance Awards, Diskominfo Bontang Sabet Juara 2

Rangkaian kegiatan GSRA kemudian dilanjutkan dengan rapat koordinasi awal terkait penetapan lokasi akses reforma agraria kategori III untuk tahun Anggaran 2024, dengan tujuan untuk identifikasi dan melakukan pemetaan sosial terhadap pelaku UMKM.

Gerakan Reforma Agraria pada dasarnya terbagi dua, yakni penataan aset masyarakat melalui legalisasi aset (PTSL dan redistribusi tanah), dan penataan akses melalui pemberdayaan aset agar produktif, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat berbasis pemanfaatan tanah.

M. Taqwin, Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan Bontang mengapresiasi kegiatan ini, karena seiring sejalan dengan tagline ‘UMKM naik kelas’ yang diusung oleh Pemkot Bontang.

“Terima kasih teman-teman dari BPN Bontang yang telah memfasilitasi dan berperan nyata dalam memajukan pelaku usaha UMKM di Bontang,” tuturnya. (adv)

Penulis: Syakurah
Editor: Yusva Alam

Most Popular