spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tahun Ini, Batik Masuk Program Pembagian Seragam Gratis

BONTANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang kembali melanjutkan program pemberian seragam gratis kepada pelajar tahun 2024 ini.

Masih sama seperti tahun sebelumnya, Kepala Disdikbud Bontang, Bambang Cipto Mulyono menerangkan secara ketentuan penerima tidak ada perubahan, penerima tetap dari siswa kelas Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Namun, tahun ini pemkot akan memberikan seragam batik juga kepada para siswa, “Tahun ini mereka juga akan dapat batik,” jelasnya saat ditemui redaksi.

Terkait anggaran yang diajukan yakni Rp 15,5 miliar. Anggaran itu untuk 2 jenis seragam tersebut. Dari yang awalnya dianggarkan Rp 5,9 miliar. Terbagi dalam tiga pos anggaran. Mulai dari SD negeri, SMP negeri, serta SD dan SMP swasta. Masing-masing Rp 1,7 miliar, Rp 1,8 miliar, serta Rp 2,4 miliar.

“Penambahan biaya tentu karena seragam batik tersebut, sama, untuk SD dan SMP,” katanya.

Sampai saat ini, motif batik tersebut belum ditentukan, pihaknya sedang melakukan pemilihan terkait motif-motif yang ada.

Baca Juga:   Pemilik UD Tani Bantah Ada Sarang Ular di Tokonya

Ia pun menjanjikan proses pembuatan seragam dapat dibuat secepat mungkin. Sehingga ketika proses PPDB rampung, seragam sudah diterima oleh siswa baru. Namun sering terkendala pada siswa yang baru mau masuk SD, karena jumlah murid diketahui saat mereka akan mendaftar SD.

“Kalau SMP gampang saja, dari dia kelas 6 sudah kami ukur,” ujarnya.

Pemkot tetap akan memberdayakan penjahit lokal Bontang, hal tersebut telah dilakukan sejak tahun lalu dan tidak ada masalah.

Penulis: Syakurah
Editor: Yusva Alam

Most Popular