spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Terkikis Air Sungai, Bahu Jalan Dekat SMK Nusantara Ambrol

BONTANG – Jalan penghubung dengan jembatan kayu di Jalan Banjarmasin RT 21, Kelurahan Gunung Telihan mengalami ambruk. Diduga penyebabnya adalah terkikisnya tanah oleh air sungai.

Berdasarkan pantauan Radarbontang.com di lokasi kejadian, jalan yang posisinya berdekatan dengan SMK Nusantara tersebut, ambruk pada bagian bahu jalan. Tanah di bagian bawah bahu jalan terlihat mulai kosong, diduga karena seringnya terkikis aliran air sungai.

Kondisi tersebut menyebabkan area sekitar jalan dan jembatan sangat rawan longsor. Ditambah lagi, bagian kiri dan kanan jalanan tersebut juga tidak ditopang oleh turap, sehingga memudahkan tanah bergeser.

Ketua RT 21 Kelurahan Gunung Telihan, Eddy mengatakan, jalan tersebut sudah amblas sejak minggu lalu. Ia juga sudah memperingatkan bagi warga, agar waspada saat melintas di jembatan tersebut.

“Takutnya pas ada warga yang melintas ambruk kan kasian, apalagi itu jembatan juga akses anak SMK Nusantara kalau mau pulang pergi sekolah,” ucapnya Selasa (18/7/23) saat dihubungi redaksi.

Lebih lanjut Eddy menjelaskan, daerah tersebut juga sering terkena banjir, sehingga saat air surut tanah di sekitar jalan tersebut ikut terkikis. Jembatan tersebut sudah berumur sekitar 10 tahun, sehingga perlu adanya pembaruan.

Baca Juga:   Siapkan Generasi Cinta Qur'an, Yayasan Asy Syaamil Dirikan Rumah Tahfidz untuk Balita

“Kalau tidak cepat ditangani, sewaktu-waktu jalanan bisa patah. Saya melaporkan ini ke kelurahan Sabtu kemarin. Senin kemarin sudah ditinjau oleh kelurahan dan OPD terkait,” jelasnya.

Jembatan ini tidak hanya dilewati oleh roda dua, kadang-kadang kendaraan roda empat juga melintas. Untuk saat ini warga diseberang jembatan yakni RT 18 juga diimbau untuk kendaraan roda empat tidak melintas sementara. (sya)

Most Popular