spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tingkatkan PAD, Wali Kota Diminta Kasih OPD Target

BONTANG – Anggota Komisi II DPRD Bontang, Nursalam meminta Wali Kota Bontang memberikan target kepada seluruh OPD dalam mencari Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal itu guna meningkatkan PAD.

Saran itu disampaikan Nursalam saat Pengesahan Perubahan-APBD Bontang Tahun 2023 melalui rapat paripurna ke 16 masa sidang 3, Jumat (18/8/2023) di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang.

Dijelaskan Politisi Partai Golkar tersebut, salahsatu tujuan daerah itu agar mampu mandiri secara fiskal. Berbicara mandiri secara fiskal tidak bisa lepas dari PAD.

“Ukuran kita bisa mandiri kalau pendapatan PAD kita 20 persen dari APBD. Namun sampai saat ini kita masih di kisaran 12-13 persen, masih jauh dari harapan. Sejumlah potensi PAD kita lewat begitu saja tanpa bisa dipergunakan dengan baik,” bebernya.

Menurut Salam, salahsatu permasalahan tidak adanya peningkatan PAD adalah tidak adanya perjanjian kinerja antara wali kota dengan 13 OPD. Selama ini OPD hanya diberikan tugas mencari PAD tetapi tidak memiliki semacam target yang ditetapkan bersama.

Baca Juga:   Pembebasan Calon Lahan RTH di Jalan Brokoli Belum Temukan Titik Terang

“Penting bagi wali kota ke depan membuat komitmen kinerja pada 13 OPD kita untuk cari PAD. Target harus dipenuhi,” tegasnya.

Menanggapi saran tersebut, Wali Kota Bontang, Basri Rase mengakui beratnya mencapai kemandirian fiskal. Hal ini lantaran karakteristik masyarakat Bontang yang masih mencari kerja bukan menyediakan kerja.

“Insyaallah tahun depan saya kasih target khususnya OPD-OPD yang punya kontribusi PAD, misal Disperindagkop, Dishub, yang berpotensi bantu pemerintah terkait PAD,” pungkasnya. (adv/al)

Most Popular