spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Toetoek: Tahap Awal Pengembangbiakan Telur Wolbachia Berhasil

BONTANG – Tahap awal pengembangbiakan teknologi Wolbachia pada nyamuk dinyatakan berhasil. Hal tersebut diungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Bontang, Toetoek Pribadi Ekowati.

Untuk tahap awal peletakan ember-ember Wolbachia sudah dilakukan di 6 kelurahan, berdasarkan laporan dari kader-kader Wolbachia yang bertugas. Nyamuk tersebut sudah berhasil menetas.

“Di dalam embernya pas dicek sudah sisa seperti cangkang telur itu saja, berarti dia berhasil dan sudah mulai beterbangan,” jelasnya.

Terdapat dua kader yang dibentuk, yang pertama oleh dinas kesehatan dan kementrian. Mereka berbagi tugas untuk mengecek wilayah-wilayah yang diletakkan ember-ember tersebut.

“Kami dari dinkes merasa beruntung karena warga yang diamanahi ember Wolbachia tersebut paham, sehingga hal tersebut memudahkan kader untuk tidak takut telur nyamuknya akan mati,” tambahnya.

Peletakkan ember tersebut tidak bisa sembarangan, harus memperhatikan suhu, kelembaban, dan tidak terjangkau oleh anak-anak. Sehingga perkembangan telur nyamuk dapat maksimal.

Karena ini tahap awal, maka hanya 6 kelurahan dahulu yang akan dipantau hingga beberapa bulan ke depan, setelah berhasil sepenuhnya, akan dilanjutkan 9 kelurahan sisanya.

Baca Juga:   Gelar Car Free Day, Kerukunan Warga 7 Erte Salurkan Sembako untuk Korban Terdampak Banjir

“Kami akan pantau terus, yang penting warga dapat bekerjasama dengan dinkes, Insyaallah program ini akan berhasil sepenuhnya,” tutupnya.

Penulis: Syakurah

Editor: Yusva Alam

Most Popular