spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

UMKM hingga Seminar Teknologi di Bontang Smart Festival 2023

BONTANG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bontang membuka kegiatan Bontang Smart Festival 2023 pada Kamis (22/6/23) di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kita Bontang.

Event ini menampilkan beberapa UMKM Bontang, mengadakan seminar teknologi membahas terkait digitalisasi dalam kehidupan sehari-hari, serta tournament e-sport.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Bontang, Anwar Sadat mengatakan, peserta kegiatan ini dinilai cukup antusias karena yang hadir melebihi target yang diharapkan.

“Awalnya kami target 200 peserta, hingga saat ini dilihat dari daftar hadir sudah 300 lebih,” jelasnya.

Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat Bontang dapat melek teknologi, lantaran saat ini hampir semua unsur kehidupan telah menggunakan teknologi.

“Sekarang kita sudah memasuki era digitalisasi,” ujarnya.

Nararasumber yang dihadirkan dalam event ini, membahas terkait pengggunaan teknologi dalam mengukur ketinggian sungai-sungai di Bontang menggunakan alat. Juga menghadirkan narasumber dari Tokopedia, yang memberitahukan bahwa penjualan online juga dapat meningkatkan UMKM Bontang.

“Tentu digitalisasi ini juga harus berpengaruh kepada kemajuan UMKM Bontang, oleh sebab itu Tokopedia dihadirkan untuk ikut memberitahu cara memasarkan produk,” lanjutnya.

Baca Juga:   E-Kinerja Lambat: TPP Tersendat, Layanan Kepegawaian Bisa Terhambat! Upaya Pemkot Bontang Maksimalkan Capaian Data Kepegawaian

Sementara itu, seminar event di hari kedua, Jumat (23/6/23) hari ini juga akan menghadirkan dua narasumber lainnya, yang membahas terkait pembayaran yang sudah cashless, dan cara-cara untuk terhindar dari penipuan yang marak dalam era digitalisasi.

“Jadi kita benar-benar ingin Bontang melek teknologi, namun harus dibarengi dengan pengetahuan agar tidak mudah ditipu,” tambahnya.

Kebanyakan peserta yang hadir adalah pelaku UMKM dan juga pelajar. Hal itu dikarenakan pelajar dan pelaku UMKM berperan besar dalam menjalankan, memahami, dan membagikan digitalisasi dalam kehidupan sehari-hari.

Anwar menyadari kegiatan ini terbilang sederhana, namun ke depannya ia sudah merencanakan akan mengadakan event yang lebih besar secara nasional. (adv/sya)

Most Popular