spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

1500 Peserta Ramaikan Pawai Obor, Sambut Ramadan 1445 Hijriah

BONTANG – Menyambut bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah, ribuan peserta ramaikan Pawai Obor Tarhib Ramadan yang dilaksanakan Sabtu (9/3/24) malam.

Pawai obor tersebut mulai dilepas setelah Shalat Isya. Pawai tersebut start di Masjid Al Hijrah dan finish di Lapangan Parikesit.

Sebanyak 1500 peserta mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, mahasiswa, orang dewasa, komunitas hingga paguyuban, Ikatan Remaja Masjid (IRMA) dan majelis taklim, total sekitar 45 regu turun untuk meramaikan.

“Ini lebih ramai dari tahun lalu karena sebelumnya anak SD nggak ikut, takut mereka nggak sanggup, tapi ternyata mereka antusias,” jelas Ketua Panitia Pawai Obor, Asep Gumilar.

Salah satu peserta, Nur Askia, Guru TPA Al Aqsa mengatakan, mereka telah mengikuti pawai obor ini sejak tahun 2023 kemarin, dan kegiatan ini sangat baik untuk anak-anak dalam mengajarkan nilai-nilai keindahan saat menyambut Bulan Ramadan.

“Bagus sekali ya, anak-anak selalu semangat saat disuruh ikut pawai obor,” terangnya.

Kepala Kementerian Agama Bontang, Muhammad Hamzah turut menghadiri acara tersebut dan mengapresiasi kegiatan yang menyambut Bulan Ramadan ini.

Baca Juga:   Beasiswa untuk Mahasiswa Bontang Resmi Dibuka, Ditutup 25 Oktober, Begini Syarat dan Tata Cara Mendafar

“Ini ekspresi umat Islam betapa bahagianya menyambut bulan suci yang pahalanya akan dilipat gandakan,” katanya.

Ia berharap dengan adanya pawai obor ini, dapat menunjukkan bahwa umat Islam dapat membawa kedamaian bagi banyak kalangan, serta memiliki toleransi yang tinggi antar sesama umat manusia.

Dari pantauan redaksi, warga ramai memenuhi bahu jalan, menyaksikan pawai obor tersebut. Banyak pengendara motor yang sengaja memarkir kendaraan mereka, untuk sejenak menyaksikan peserta pawai yang menggemakan takbir sembari membawa obor.

Penulis: Syakurah
Editor: Yusva Alam

Most Popular