spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

272 Lansia dan Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Kursi Roda

BONTANG – Kementerian Sosial RI melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (DSPM) Bontang mendistribusikan bantuan kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) kluster disabilitas dan lanjut usia, Rabu (12/7/2023) di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang.

Jumlah penerima manfaat sebanyak 272 jiwa. Terdiri dari 183 lansia dengan total bantuan sembako senilai Rp 82.265 ribu dan 76 disabilitas senilai Rp  33.943 ribu serta bantuan kursi roda, walker, dan tongkat adaktif, tongkat kaki 3 kepada 12 penerima manfaat senilai Rp 18.850 ribu.

“Adanya distribusi bantuan diharapkan dapat mencapai pemenuhan kebutuhan dan hak dasar, pelaksanaan tugas, dan peranan sosial, serta mampu mengatasi masalah dalam kehidupan,” ucap Sekretaris Dinsos Bontang, Kistari dalam sambutannya.

Sementara itu, Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos Balai Sentra Kartini, Luswi Hadi menjelaskan, bahwa program tersebut merupakan pengembangan dari bansos yang telah ada.

“Penyaluran bantuan ini tidak lepas dari peran pemda dan pusat, yang terus bekerjasama dan aktif membangun komunikasi yang baik, serta didorong motivasi yang kuat dan tulus,” ujar Luswi Hadi.

Baca Juga:   Dilaporkan Daftar Bacaleg di Partai Lain, Bawaslu Kaltim Telusuri Dugaan Pelanggaran Mar'uf Effendi

Sedangkan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Kota Bontang, Syahruddin menjelaskan, penyandang disabilitas dan lanjut usia menjadi perhatian khusus bagi pemerintah.

“Oleh karena itu, hal ini pun tertuang dalam visi dan misi pemerintah yaitu Bontang Unggul untuk mewujudkan implementasi keluarga sejahtera,” kata Syahruddin.

“Saya berharap agar penerima bantuan dapat memanfaatkan dengan baik bantuan yang diberikan, sehingga pemenuhan kebutuhan dasar dan kemandirian ekonomi dapat terwujud,” pungkasnya. (hms)

Most Popular